Peristiwa Daerah

Halal Center INISNU Temanggung Gelar Pelatihan Pendamping Proses Produk Halal

Kamis, 16 Mei 2024 - 15:51 | 13.65k
Salah satu pemateri saat memaparkan tentang pentingnya sertifikat halal dalam sebuah produk. (FOTO: Hermanto/ TIMES Indonesia)
Salah satu pemateri saat memaparkan tentang pentingnya sertifikat halal dalam sebuah produk. (FOTO: Hermanto/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TEMANGGUNG – Halal Center INISNU Temanggung kembali menunjukkan komitmennya dalam mewujudkan "Wajib Halal Oktober 2024". Program tersebut juga menjadi suatu hal yang digaungkan Kemenag RI melalui pelatihan pendamping proses produk halal.

Acara yang diikuti oleh para pengusaha dari berbagai kecamatan yang ada di daerah Temanggung itu, dilaksanakan mulai 16 hingga 18 Mei tahun ini.

Ketua panitia, Muh Syaiful Bakhri, menuturkan bahwa, pelatihan yang digelarnya merupakan bagian dari upaya Halal Center INISNU Temanggung untuk Mewujudkan Wajib Halal Oktober 2024.

"Pelatihan ini merupakan salah satu langkah nyata Halal Center INISNU Temanggung dalam mendukung program pemerintah untuk mewajibkan sertifikasi halal bagi seluruh pelaku usaha di Indonesia mulai Oktober 2024," terang Iqbal pada TIMES Indonesia, Kamis (16/5/2024).

Dengan mengikuti pelatihan tersebut, diharapkan para peserta dapat menjadi pendamping proses produk halal yang kompeten dan profesional untuk membantu para pelaku usaha mendapatkan sertifikat halal.

Muh Syaiful menambahkan bawa pelatihan itu juga berfungsi untuk melebarkan sayap Lembaga Halal Center INISNU Temanggung.

"Untuk memperluas jaringan serta mencari pendamping dengan etos kerja terbaik. Pelatihan ini diharapkan dapat melahirkan pendamping-pendamping halal yang kompeten dan profesional," harapnya.

"Dengan adanya pendamping halal yang berkualitas, diharapkan proses sertifikasi halal dapat berjalan dengan lebih lancar dan mudah," imbuhnya.

Sementara itu, Muchammad Iqbal Chailani, selaku bendahara Halal Center INISNU Temanggung menghimbau kepada calon pendamping P3H untuk selalu menjaga kejujuran dan ke-istiqomah-an dalam menjalankan tugas menjadi pendamping halal.

"Menjadi pendamping halal bukan hanya tentang mendapatkan penghasilan, tetapi juga bisa membantu para pelaku usaha untuk mendapatkan sertifikat halal dan meningkatkan daya saing produk mereka di pasaran," tutur Muchammad Iqbal Chailani.

Dukungan dari Berbagai Pihak

Pada acara tersebut, Bank Mandiri cabang Temanggung turut serta mendukung dengan menghadirkan perwakilannya, Anelia Dhamayanti.

Anelia mengatakan bahwa, dengan rekening dari Bank Mandiri, para pelaku usaha ini diharapkan akan menjadi lebih mudah dalam bertransaksi.

"Kami ingin mendukung para pendamping halal dalam menjalankan tugasnya. Dengan memiliki rekening Bank Mandiri, para pendamping halal dapat lebih mudah dalam melakukan transaksi keuangan," papar Anelia.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Satgas Halal Kabupaten Temanggung, Maria Ulfah. Ia mengatakan bahwa pelatihan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Temanggung.

"Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan semakin banyak orang yang memahami pentingnya sertifikat halal dan semakin banyak pula pelaku usaha yang dapat memperoleh sertifikat halal untuk meningkatkan daya saing produk mereka di pasaran," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES