Peristiwa Daerah

Jelang Kemarau, PLN Antisipasi Pohon Tumbang di Silo, Jember

Kamis, 16 Mei 2024 - 18:23 | 11.90k
Petugas PLN mengawasi pemangkasan pohon rawan tumbang di Silo. (M. Abdul Basid/TIMES Indonesia)
Petugas PLN mengawasi pemangkasan pohon rawan tumbang di Silo. (M. Abdul Basid/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Menjelang musim kemarau, PLN UP3 Jember bergerak cepat dalam mengantisipasi potensi pohon tumbang yang dapat mengganggu jaringan listrik. 

Pada Kamis (16/5/2024), tim dari PLN ULP Kalisat bersama dengan perangkat Desa Sumberjati, Kecamatan Silo, melakukan rabas pohon di wilayah tersebut.

Kegiatan rabas pohon ini melibatkan 1 unit Skylift , 1 unit mobil Crane, 6 unit mobil pelayanan Teknik, dan 1 unit pick up. 

Petugas bergerak menyisir area sekitar jaringan listrik di Desa Sumberjati untuk menebang pohon-pohon kering yang rawan tumbang.

Menurut Manager PLN ULP Kalisat, Jony Hermawan, kegiatan rabas pohon ini merupakan langkah preventif untuk menjaga keandalan jaringan listrik, terutama di musim kemarau di mana angin kencang sering terjadi.

"Pohon kering yang tumbang dapat menimpa jaringan listrik dan menyebabkan gangguan, sehingga merugikan pelanggan," jelas Jony.

Selain itu, Jony juga mengapresiasi kerjasama dengan perangkat Desa Sumberjati dalam kegiatan ini. 

"Sinergi dengan stakeholder setempat sangat penting untuk kelancaran dan efektivitas kegiatan rabas pohon," jelasnya.

Kegiatan rabas pohon ini diharapkan dapat meminimalisir gangguan listrik akibat pohon tumbang, sehingga pelanggan di Desa Sumberjati dan sekitarnya dapat menikmati layanan listrik yang handal dan berkualitas.

Oleh karenanya, PLN Jember  mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga jarak aman dari jaringan listrik dan melaporkan kepada PLN jika melihat ada pohon yang rapuh dan berpotensi tumbang di sekitar jaringan listrik.

"Dengan kerja sama dan kepedulian dari semua pihak, PLN dapat terus menghadirkan jaringan listrik yang handal dan aman bagi masyarakat," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES