Peristiwa Daerah

Mengenal Eric Fernardo, Sosok yang Sukses Hadirkan 37.029 Pengunjung Saat Waisak 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 13:07 | 17.41k
Eric Fernardo, S.I.P., M.Si, saat berada di salah satu rangakaian acara perayaan Waisak, di Candi Borobudur. (FOTO: Hermanto/ Times Indonesia)
Eric Fernardo, S.I.P., M.Si, saat berada di salah satu rangakaian acara perayaan Waisak, di Candi Borobudur. (FOTO: Hermanto/ Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAGELANG – Koordinator Humas Waisak Nasional WALUBI 2568 B.E. Tahun 2024 di Candi Borobudur, Eric Fernardo. Ia berhasil mengukir prestasi mengagumkan pada perayaan Waisak Nasional di Candi Borobudur pada tahun ini.

Kerja kerasnya yang gigih dibarengi kepiawaiannya menggandeng berbagai instansi/lembaga, tak sia-sia. Terdata ada 37.029 pengunjung di Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur pada acara Waisak kemarin.

Secara detail, ada sekitar 25.000 umat Buddha yang hadir pada puncak perayaan Waisak, serta 12.029 pengunjung umum yang melakukan pembelian karcis Taman Wisata Candi Borobudur.

Jumlah tersebut di luar dari perhitungan, para umat Buddha maupun pengunjung umum yang hadir pada hari - hari sebelumnya, baik dari rangkaian Bakti Sosial, penyambutan Bhikkhu Thudong serta acara lainnya.

“Tentu capaian ini berkat bimbingan dan arahan dari Ketua Umum DPP WALUBI/Ketua Panitia Waisak Nasional 2568 B.E. Tahun 2024 Ibu Dra. S. Hartati Murdaya serta kerja sama dengan berbagai instansi lembaga sehingga publikasi Waisak dapat menarik puluhan ribu umat Buddha dan pengunjung untuk hadir ke Candi Borobudur," terang Eric Fernardo, yang juga menjadi Pelaksana Harian DPP Keluarga Cendekiawan Buddhis Indonesia (KCBI) kepada Times Indonesia pada, Sabtu (25/5/2024).

Eric Fernardo yang juga Pengurus DPD WALUBI DKI Jakarta ini lahir di Jakarta, 6 Juni 1996 merupakan lulusan S-1 Sarjana dan S-2 Magister dari Universitas Indonesia (UI) dengan predikat Cum-Laude. Eric juga merupakan lulusan tercepat S-2 Komunikasi UI di angkatan 2020. Semasa kuliah S-2 Eric berhasil mempublikasikan 5 penelitian di jurnal internasional dan nasional bereputasi.

Tak heran jika Ketua Umum DPP WALUBI, Hartati Murdaya mempercayainya sebagai Koordinator Humas Waisak Nasional WALUBI Candi Borobudur sejak tahun 2022 hingga sekarang.

Berprestasi dan Aktif Sejak Kuliah

Eric-Fernardo-a.jpgEric Fernardo (membawa bendera) saat ikut turun langsung dalam kegiatan rangakaian perayaan Waisak. (FOTO: Hermanto/ Times Indonesia)

Semasa kuliah di Universitas Indonesia, Eric aktif mengikuti organisasi intra kampus di, Keluarga Mahasiswa Buddhis Universitas Indonesia (KMBUI).  ia juga kerap  memimpin sejumlah proyek seperti, Ketua Panitia Waisak KMBUI tahun 2016, Ketua Panitia Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan MPR RI di FISIP UI tahun 2017, serta Koordinator Pelaksana Panitia Perayaan Imlek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020.

Pada 2017  Eric menjadi Juara 1 Dhammadesana STG Provinsi DKI Jakarta yang diselenggarakan Kementerian Agama RI melalui Lembaga Pengembangan Tripitaka Gatha (LPTG). Ia juga mendapat kepercayaan sebagai Penyuluh Agama Buddha DKI Jakarta tahun 2020 - 2021.

Saat ini Eric sering berkeliling ke berbagai Vihara, Kelenteng, Bio, Candi, Arama (She), Arama Madya (Yuan), Kuil, Cetiya, serta berbagai sekolah dan universitas menyuarakan toleransi dan kerukunan antar umat beragama.

Eric juga rutin menjalin komunikasi dengan para rohaniwan agama Buddha seperti Bhiksu/Bhikkhu, Bhiksuni, Rinpoche, Lama, Acarya, Fashe, Qianren, Dianchuanshi, Samanera/Sramanera, Sramaneri, Pandita, Meici, Caici/Caima, dan Caikong.

Pada Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) KCBI yang diselenggarakan tanggal 22 Mei 2024 lalu di Hotel Grand Artos Magelang, Jawa Tengah, Eric Fernardo mendapat mandat sebagai Ketua Panitia Musyawarah Pasamuan Nasional (Munas) KCBI Tahun 2024. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES