Peristiwa Daerah

Olahraga Gateball Mulai Diminati Warga Kota Tasikmalaya

Minggu, 26 Mei 2024 - 15:24 | 18.75k
Sejumlah pecinta olahraga gateball saat berlatih di lapangan upacara Bake Kota Tasikmalaya, Minggu (26/5/2024) (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)
Sejumlah pecinta olahraga gateball saat berlatih di lapangan upacara Bake Kota Tasikmalaya, Minggu (26/5/2024) (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TASIKMALAYA – Setiap Minggu pagi, Lapangan Upacara Bale Kota Tasikmalaya tampak berbeda dari biasanya. Lapangan yang biasanya digunakan untuk upacara resmi kini dipenuhi oleh para pecinta olahraga yang unik dan menarik perhatian, yaitu gateball

Aktivitas olahraga ini cukup mengundang perhatian karena sepintas olahraga gateball ini tampak mirip seperti permainan golf, sama-sama dimainkan dengan cara memukul bola kecil dengan menggunakan sebuah tongkat.

pelatih-dan-inisiator-gateball.jpgIan Tole, salah satu pelatih dan inisiator gateball di Kota Tasikmalaya saat memberikan keterangan kepada TIMES Indonesia. Minggu (26/5/2024) (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)

Gateball yang disebut sebagai olahraga tanpa batas (barrier-free sport) memiliki daya tarik tersendiri karena dapat dimainkan oleh semua kalangan. Olahraga ini merupakan modifikasi dari permainan Croquet yang mana pemain menggunakan palu untuk memukul bola melalui serangkaian gerbang yang ditentukan. 

Di Indonesia, gateball sudah mulai banyak peminatnya tersebar di kota-kota besar seperti Jakarta dan Yogyakarta hingga ke berbagai daerah di Jawa Barat, Bali, dan Nusa Tenggara Barat. Tidak terkecuali di Kota Tasikmalaya yang mana olahraga ini mulai berkembang pesat.

Ian Tole, salah satu pelatih dan inisiator gateball di Kota Tasikmalaya mengungkapkan bahwa perkembangan olahraga ini di Tasikmalaya mulai terlihat sejak tahun 2017. 

pelatih-dan-inisiator-gateball-2.jpg

"Olahraga gateball ini awalnya dikenalkan oleh Pak Diki pada tahun 2017, kebetulan beliau sebagai kepala UPTD Ciwulan Cilaki," ungkap Ian saat ditemui oleh TIMES Indonesia. Minggu (26/5/2024)

Dengan memanfaatkan halaman kantor UPTD Ciwulan Cilaki sebagai tempat latihan awal, menurut Ian gateball mulai diminati oleh para pegawai di lingkungan pemerintah.

Antusiasme ini tidak hanya berhenti disitu, kini beberapa klub gateball telah bermunculan di Tasikmalaya. Beberapa diantaranya adalah Umbrela City, Ciwulan Cilaki, dan Nekad Gateball. 

Bahkan, keberadaan aktivas olahraga gateball ini pun telah diakui sebagai salah satu induk cabang olahraga (Inorga) yang tergabung dalam Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI).

"Alhamdulillah, dalam beberapa tahun terakhir ini sudah bermunculan beberapa klub. Kami berharap pemerintah dapat mendorong perkembangan olahraga gateball ini dengan menyiapkan fasilitas lapangan dan dukungan penyediaan alat, mengingat perkembangan gateball di Kota Tasikmalaya cukup pesat dan telah meraih prestasi di perhelatan olahraga tingkat Jawa Barat," terang Ian saat ditemui di lapangan Bale Kota Tasikmalaya.

Sementara itu Ketua KORMI Kota Tasikmalaya H. Imih Misbahulmunir saat dihubungi mengatakan pihaknya mendukung terhadap keberadaan dan perkembangan Gateball di Kota Tasikmalaya. 

Ia menilai selain dapat menyehatkan masyarakat olahraga ini pun dapat mengangkat nama baik Kota Tasikmalaya yang Induk Olahraga (Inorga) Gateball Kota Tasikmalaya telah mengukir prestasi dengan raihan menyabet beberapa kejuaraan di tingkat Propinsi.

"Kita akan dorong terus, Gateball bukan hanya memberikan alternatif olahraga yang menyenangkan dan membugarkan bagi masyarakat, tetapi juga mempererat hubungan sosial antar pemain dari berbagai kalangan."ujarnya. Minggu (26/5/2024)

Imih pun berharap dukungan pemerintah dan masyarakat agar gateball bisa lebih dikenal dan diminati oleh semua kalangan di Kota Tasikmalaya, dengan memanfaatkan beberapa halaman kantor atau lapangan untuk dijadikan media untuk olahraga gateball. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES