Peristiwa Daerah

Pertahankan Budaya, Masyarakat Desa Semboro Arak Ratusan Gunungan Klepon dan Nasi Tumpeng

Minggu, 26 Mei 2024 - 18:02 | 19.22k
Masyarakat tengah menyaksikan arak-arakan gunungan klepon dan nasi tumpeng di Desa Semboro. (M. Abdul Basid/TIMES Indonesia)
Masyarakat tengah menyaksikan arak-arakan gunungan klepon dan nasi tumpeng di Desa Semboro. (M. Abdul Basid/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Masyarakat di Desa Semboro, Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim) mengarak ratusan gunungan klepon dan nasi tumpeng berkeliling desa.

Arak-arakan ratusan gunungan berisi makanan daerah tersebut menandakan peringatan Hari Jadi ke-117 Desa Semboro pada Minggu (26/5/2024).

Acara tersebut merupakan wujud syukur masyarakat Desa Semboro kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Jadi acara ini sudah kami mulai sejak tahun kemarin. Jadi sudah dua kali ini dan alhamdulillah antusias masyarakat begitu besarnya," ujar Kepala Desa Semboro Antoni.

Antoni mengatakan, acara mengarak gunungan klepon dan nasi tumpeng tersebut memiliki makna filosofis tersendiri.

"Karena klepon merupakan makanan yang unik dan juga filosofinya adalah merekatkan kita semua. Jadi, masyarakat dengan pemerintahnya dengan banyak pihak itu bisa saling berkaitan erat dan hidup rukun gotong royong dan budaya ini," jelasnya.

"Pertama, agar warga kami lebih mencintai budaya lagi. Lalu, agar kesenian di Nusantara ini tidak lekang dimakan zaman dan juga agar masyarakat pandai membaca filosofi-filosofi yang ada di kebudayaan kita," tambahnya.

Sementara itu, Camat Semboro Abdul Kadir mengatakan bahwa acara tersebut sangat penting bagi masyarakat Semboro.

Selain mempertahankan tradisi dan budaya masyarakat setempat, acara tersebut juga memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat.

"Dengan adanya kegiatan ini, membuat masyarakat sangat bersuka cita dengan antusias yang sangat luar biasa. Sehingga pihak kecamatan sangat mendukung dengan adanya kegiatan yang mengangkat perekonomian dengan melibatkan UMKM," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES