Peristiwa Daerah

Harlah GP Ansor di Pantai Balekambang Kabupaten Malang, Ribuan Banser Unjuk Kekompakan

Minggu, 26 Mei 2024 - 18:55 | 276.55k
Ribuan anggota Banser GP Ansor Kabupaten Malang dalam sikap penghormatan pada Apel 10 Ribu Banser di peringatan Harlah GP Ansor ke-90 di Pantai Balekambang, Kabupaten Malang, Minggu (26/5/2024). (Foto Hendra Aditya/TIMES Indonesia)
Ribuan anggota Banser GP Ansor Kabupaten Malang dalam sikap penghormatan pada Apel 10 Ribu Banser di peringatan Harlah GP Ansor ke-90 di Pantai Balekambang, Kabupaten Malang, Minggu (26/5/2024). (Foto Hendra Aditya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Rangkaian peringatan Harlah GP Ansor ke-90 digelar PC GP Ansor Kabupaten Malang dengan Apel 10 Banser di Pantai Balekambang, Minggu (26/5/2024) sore.

Apel Banser ini memiliki makna penting yang dapat dipegang teguh peserta dan kader Banser. 

Sebelum mengikuti apel bersama, ribuan anggota Banser GP Ansor Kabupaten Malang secara simbolis melakukan tanam bersama di kawasan pantai.  Bersamaan penanaman bibit pohon ini, juga dilakukan serentak bersih-bersih pantai dari sampah pengunjung. 

Beratribut khas seragam doreng hijau kuning, ribuan anggota Banser GP Ansor Kabupaten Malang ini sudah berdatangan di Pantai Balekambang sejak Sabtu (25/5/2024) malam. 

Harlah-GP-Ansor-2.jpg

Mengantisipasi membudaknya peserta Apel 10 Ribu Banser tersebut, disiagakan setidaknya 4 tenda besar dari BPBD Kabupaten Malang yang juga mensiagakan personelnya untuk dapur umum bagi peserta. 

Apel 10 Banser GP Ansor Kabupaten Malang ini dilangsungkan pukul 12.00 WIB, dan dihadiri Wakil Bimas Polda Jatim, AKBP Darman mewakili Kapolda Jawa Timur yang berhalangan hadir. 

Hadir pula dan mewakili sambutan Bupati Malang, Pj Sekdakab Malang, Nurman Ramdansyah, juga suluruh Camat se Kabupaten Malang. Pun hadir, Ketua PCNU Kabupaten Malang, KH Hamim Kholili. 

Peserta Apel Banser juga melakukan formasi barisan dan senam kamando, disertai yel-yel dan nyanyian. Apel kesiagaan dan atraksi mereka disaksikan langsung Waka Satkornas Banser, Irsya Yusuf. 

Harlah-GP-Ansor-3.jpg

"NU dan Ansor adalah gerakan washatiyah, moderat tidak terlalu ekstrem kanan dan kiri. Banser Ansor tidak memukul, tetapi merangkul. Siap satu barisan?" seru Gus Hamim, disambut sahutan siap ribuan Banser yang hadir. 

Kepada TIMES Indonesia, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Malang, Fatkhurrozi mengungkapkan, dengan digelarnya peringatan Harlah GP Ansor ke-90 di Pantai Balekambang ini diharapkan agar Ansor juga berkonrbusi dan mendatangkan manfaat bagi Kabupaten Malang. 

Dampak positif kegiatan Harlah GP Ansor di Pantai Balekambang ini, lanjutnya, bisa menarik pengunjung ke wisata pantai ini. Terlebih, kegiatannya digelar dua hari, diramaikan Festival Bantengan di hari sebelumnya. 

"Dengan kegiatan ini, kami ingin menunjukkan bahwa GP Ansor juga bisa diterima di semua kalangan masyarakat. Kenapa digelar di Balekambang ini? Tentu harapannya juga ada dampak manfaatnya, ikut mengangkat promosi pariwisata di pantai ini," kata Fatkhurrozi. 

Dalam kesempatan Apel Banser peringatan Harlah GP Ansor ke-90 ini, juga dilakukan seremoni penandatanganan kerja sama bidang Kemandirian Ekonomi, antara GP Ansor Kabupaten Malang dengan pihak PD Jasa Yasa & PT Syngenta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES