Peristiwa Daerah

Surabaya Vaganza 2024, Suguhkan Perjalanan Kota Pahlawan dari Masa ke Masa

Minggu, 26 Mei 2024 - 20:45 | 20.59k
Surabaya before century and urban legend dalam Surabaya Vaganza 2024. (Foto: Siti Nur Faizah/TIMES Indonesia)
Surabaya before century and urban legend dalam Surabaya Vaganza 2024. (Foto: Siti Nur Faizah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Parade bunga dan mobil hias dalam Surabaya Vaganza 2024, Minggu (26/5/2024) disambut antusias oleh warga Kota Pahlawan. Event tersebut mewarnai rangkaian Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731. 

Mengusung tema 'The Chronicle of Surabaya', pawai budaya yang dibuka oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi itu menyuguhkan perjalanan Ibu Kota Jawa Timur dari masa ke masa. 

"Wong Suroboyo kudu iling yaopo biyen Suroboyo ngadek sak durunge zaman kerajaan, kolonial sampek zaman saiki. (Orang Surabaya harus ingat bagaimana dulu Surabaya berdiri sebelum zaman kerajaan, kolonial, sampai sekarang)," ujarnya saat menyampaikan sambutan dihadapan ratusan peserta pawai dan ribuan penonton. 

Menurut Eri, identitas orang Surabaya itu tidak pernah lupa akan sejarah. "Kudu iling yaopo perjuangan e, ngedekno, mempertahanno kota e. (Harus ingat bagaimana memperjuangkan, mendirikan, dan mempertahankan kotanya)," tegasnya. 

Melalui event tersebut, Cak Eri, sapaan karibnya, mengharapkan agar semua warga Surabaya bisa menguatkan guyub rukun dan gotong royong nya. 

Surabaya-before-century-b.jpgKingdom Era dalam Surabaya Vaganza 2024. (Foto: Siti Nur Faizah/TIMES Indonesia)

"Tunjukkan bahwa orang Surabaya itu keras, bukan atine tapi keras prinsip e, keras lakune tapi lembut atine, iku wong surabaya. (Bukan hatinya tapi keras prinsipnya, keras prilakunya tapi hatinya lembut, itu orang Surabaya)" kata orang nomor satu di Kota Pahlawan. 

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa warga yang menyaksikan Surabaya Vaganza 2024 menjadi saksi atas kekuatan Kota Surabaya yang dibangun dengan kekuatan rakyat. 

"Bukan kekuatan kekuasaan maupun jabatan tapi kekuatan persaudaraan dan gotong royong," tandasnya. 

Untuk diketahui, parade Surabaya Vaganza 2024 dimulai dari defile Surabaya before century and urban legend, kingdom era, kolonial era, retro Surabaya, hingga metropolitan Surabaya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES