Peristiwa Daerah

'Tempe Mendoan' Desa Senggreng Menarik Tim Penilai Keluarga Berkualitas BKKBN

Selasa, 28 Mei 2024 - 22:32 | 16.19k
Direktur Kerjasama Pendidikan dan Kependudukan BKKBN, Indra Murty Surbakti, saat penilaian lapangan Kampung Keluarga Berkualitas tingkat Nasional 2024 di Desa Semggreng, Sumberpucung, Kab. Malang, Selasa (28/5/2024). (Foto: Humas Pemkab)
Direktur Kerjasama Pendidikan dan Kependudukan BKKBN, Indra Murty Surbakti, saat penilaian lapangan Kampung Keluarga Berkualitas tingkat Nasional 2024 di Desa Semggreng, Sumberpucung, Kab. Malang, Selasa (28/5/2024). (Foto: Humas Pemkab)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kunjungan visitasi penilaian lapangan dilakukan tim juri Kampung Keluarga Berkualitas Terbaik tingkat Nasional dari BKKBN Pusat di Desa Senggreng, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, Selasa (28/5/2028). 

Kehidupan dan praktik baik Kampung KB di Desa Senggreng ini menjadi salah satu fokus kunjungan penilaian ini. Selain itu, inovasi pengurusan kependudukan 'Tempe Mendoan' Desa Senggreng, juga menjadi ketertarikan tersendiri tim juri BKKBN tersebut. 

Direktur Kerjasama Pendidikan dan Kependudukan BKKBN, Indra Murty Surbakti mengatakan, pelayanan KB, pelayanan informasi dan pelayanan inovatif harus bisa dilakukan Kampung Keluarga Berencana Berkualitas. 

"Kriteria agar bisa meraih juara sebagai Kampung KB tingkat nasional ini adalah inovasi pelayanan KB. Salah satu inovasi di Desa Senggreng ini, ya adanya layanan inovasi kependudukan Pecel Tempe Mendoan (Pelayanan Cepat tanpa Meninggalkan Kerjoan). Ya, nanti kita lihat hasil penilaiannya," kata Surbakti saat ditemui usai acara kunjungan lapangan, Selasa (28/5/2024).

Tim penilai dari dewan juri melihat Desa Senggreng layak pemenang. Akan tetapi, penilaian juara terbaik nasional ini sangat ketat.

Bupati-Sanusi88b2fa9be1e82b42.jpg

"Untuk desa masuk level calon pemenang memang nilainya bersaing dan ketat, jadi salah satu proses yang kita harus lakukan verifikasi lapangan, seperti yang kami lakukan hari ini di Desa Senggreng," terang Surbakti.

Pihaknya harus melakukan verifikasi lapangan perlombaan Kampung KB seluruh Indonesia untuk tingkat nasional, dimana verifikasi yang dilakukan ini merupakan tahapan terakhir.

"Ini adalah verifikasi lapangan terakhir dari beberapa tahapan penilaian," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Senggreng Rendyta Witrayani Setyawan menyampaikan, merasa bersyukur karena sebelum perlombaan di tingkat nasional, Desa Senggreng merupakan perwakilan Jawa Timur, dan saat ini masuk di tiga besar Regional. Karena itu pula, diberikan kesempatan untuk dilakukan verifikasi lapangan terkait kegiatan yang ada di Desa Senggreng ini.

"Hari ini Desa Senggreng dilakukan verifikasi lapangan untuk melihat kelompok kerja kegiatan itu, serta peninjauan langsung inovasi kita," jelas Rendyta.

Rendyta sendiri merasa optimis, Desa Senggreng bisa menjadi pemenang dalam perlombaan Kampung KB dan lomba Kampung Berkualitas tingkat nasional ini, yang nantinya bisa dijadikan percontohan nasional.

"Dengan bisa menjadi juara pada lomba Kampung KB serta Kampung Berkualitas tingkat nasional ini, bisa menjadi percontohan bagi daerah lain, serta bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Senggreng ini," tandasnya.

Pemenang lomba Kampung KB tingkat nasional tahun 2024 nantinya akan diundang BKKBN dalam acara Hari Keluarga Nasional pada 29 Juli 2024 mendatang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES