Peristiwa Daerah

Songsong Perayaan Idul Adha 2024, Stok Hewan Kurban di Bantul Dipastikan Aman

Rabu, 29 Mei 2024 - 09:42 | 14.85k
Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Manusia (APSDA) Sektretaris Daerah (Setda) DIY, Yuna Pancawati (foto humas Pemda DIY)
Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Manusia (APSDA) Sektretaris Daerah (Setda) DIY, Yuna Pancawati (foto humas Pemda DIY)

TIMESINDONESIA, BANTUL – Pemda DIY memastikan bahwa stok sapi untuk kebutuhan hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1445 Hijriah di wilayah Kabupaten Bantul, dalam kondisi aman.

Selain kebutuhan hewan kurban tercukupi, harga ternak menjelang Idul Adha juga dinilai relatif stabil. 

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Manusia (APSDA) Setda DIY, Yuna Pancawati, saat meninjau langsung beberapa peternak sapi di wilayah Kapanewon Pundong, Bantul, Selasa (28/5/2024).

“Di Bantul kami memantau dua tempat, di tempatnya Pak Widarto dan di tempatnya Pak Ngatijo. Alhamdulillah sapi yang ada di dua peternak ini semua dalam keadaan sehat. Stoknya untuk kebutuhan Idul Adha ini Alhamdulillah juga sudah terpenuhi,” ungkap Yuna.

Ia menyampaikan sejauh ini kebutuhan ternak terutama sapi melimpah, sehingga masyarakat yang akan berkurban tak perlu khawatir. Seperti di kandang ternak milik milik Widarto yang tersedia 30-40 ekor, sedangkan ternak sapi milik Ngatijo ada sebanyak 25 ekor.

“Tentunya menjelang hari Idul Adha nanti masih ada beberapa konsumen yang ingin membeli. Nah di perternak ini masih tersedia banyak," tandasnya.

Sementara itu ditanya mengenai harga, Yuna menyampaikan bahwa harga relatif stabil. Kisaran harga ternak sapi dari dua peternak tersebut dihargai antara 23-25 juta rupiah.

“Harga-harga hewan kurban itu sampai dengan hari Idul Adha-nya. Sampai dikirim ke tempat masing-masing konsumen, sehingga insya Allah tidak ada kenaikan harga,” tandas Yuna Pancawati. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES