Peristiwa Daerah

 24 Peserta Pasanggiri Mojang Jajaka Kota Tasikmalaya 2024 Melaju ke Babak Grand Final

Kamis, 30 Mei 2024 - 23:59 | 18.33k
Sejumlah peserta Pasanggiri Mojang Jajaka (Moka) Kota Tasikmalaya 2024, Kamis (30/5/2024) malam. (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)
Sejumlah peserta Pasanggiri Mojang Jajaka (Moka) Kota Tasikmalaya 2024, Kamis (30/5/2024) malam. (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TASIKMALAYA – Sebanyak 24 peserta Pasanggiri Mojang Jajaka (Moka) Kota Tasikmalaya 2024 berhasil melaju ke babak grand final yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Santika, Jalan Yudanegara, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (30/5/2024) malam. Ajang bergengsi ini telah menyedot perhatian dan antusiasme tinggi dari masyarakat Kota Tasikmalaya.

Kepala Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpar) Kota Tasikmalaya, Dedi Mulyana, dalam sambutannya,
mengungkapkan bahwa 24 peserta yang lolos ke grand final ini merupakan hasil seleksi ketat dari total 44 mojang jajaka. 

“Para peserta telah melewati serangkaian tes yang dilaksanakan oleh panitia, meliputi wawancara, psikotes, pakem Moka, pengetahuan umum, serta unjuk kabisa,” jelas Dedi.

Dedi Mulyana juga menekankan bahwa kegiatan Mojang Jajaka bukan hanya sekadar kompetisi, tetapi lebih dari itu, merupakan wadah untuk mengembangkan potensi, kreativitas, dan karakter pemuda-pemudi Kota Tasikmalaya.

"Melalui berbagai tahapan seleksi, kita telah menyaksikan banyak talenta luar biasa yang berpotensi untuk berkembang lebih jauh," tambahnya.

Selain itu, Dedi juga menyatakan bahwa ajang Pasanggiri Mojang Jajaka Kota Tasikmalaya ini merupakan media yang efektif untuk mempromosikan serta melestarikan warisan seni dan budaya Kota Tasikmalaya. 

"Gelaran ini merupakan langkah penting dalam menjaga dan mengenalkan kekayaan budaya lokal kita kepada masyarakat luas," ungkap Dedi.

Pada kesempatan yang sama, Plh Wali Kota Tasikmalaya yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Hj. Ely Suminar MP, mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan pihak-pihak yang telah bekerja keras dalam menyelenggarakan acara ini. 

"Berkat kerja keras dan kerja sama, acara ini dapat terselenggara dengan baik dan memberikan kesan mendalam bagi semua yang terlibat," kata Ely.

Ely juga menambahkan bahwa dalam era globalisasi dan digitalisasi saat ini, peran Mojang dan Jajaka sebagai duta budaya dan pariwisata Kota Tasikmalaya menjadi sangatlah penting. 

"Melalui kompetisi ini, kita berharap dapat melahirkan sosok-sosok pemuda-pemudi yang tidak hanya unggul dalam penampilan, tetapi juga memiliki wawasan luas, kreatif, serta mampu membawa dan memperkenalkan budaya Tasikmalaya ke kancah nasional dan internasional," harapnya

Ely menekankan bahwa sektor pariwisata merupakan industri yang memiliki potensi besar dan harus terus ditingkatkan. Di sektor pariwisata terdapat nilai-nilai budaya, seni, termasuk kearifan lokal yang menjadi kekuatan bangsa. 

Mojang dan Jajaka diharapkan dapat menjadi teladan bagi generasi muda lainnya, menginspirasi untuk mencintai dan melestarikan budaya lokal, serta berperan aktif dalam mempromosikan pariwisata Kota Tasikmalaya.

"Mojang Jejaka adalah garda terdepan dalam memperkenalkan keindahan dan keunikan Tasikmalaya kepada dunia. Tunjukkanlah yang terbaik dari diri kalian, junjung tinggi sportivitas, dan semoga malam ini menjadi langkah awal dari perjalanan panjang kalian sebagai Mojang dan Jajaka yang berprestasi," pungkas Ely. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES