Peristiwa Daerah

Tingkatkan Kecepatan Publikasi, Pemkab Malang Gelar Bimtek Perencanaan Media

Jumat, 31 Mei 2024 - 11:24 | 16.50k
Foto bersama Asisten Administrasi Umum, Dr Wahyu Kurniati (tengah) bersama dua Narasumber, saat acara Bimtek Perencanaan Media Komunikasi Publik Kabupaten Malang, Jumat (31/5/2024). (Foto: Dok Kominfo/TIMES Indonesia).
Foto bersama Asisten Administrasi Umum, Dr Wahyu Kurniati (tengah) bersama dua Narasumber, saat acara Bimtek Perencanaan Media Komunikasi Publik Kabupaten Malang, Jumat (31/5/2024). (Foto: Dok Kominfo/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, MALANG – Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dinas Kominfo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Perencanaan Media Komunikasi Publik Kabupaten Malang. Bimtek digelar untuk meningkatkan penguasaan dan pemahaman Perangkat Daerah dalam pengelolaan media sosial sehingga dapat menjadikan media sosial sebagai platform untuk menjalankan komunikasi publik yang strategis.

Bimtek tersebut digelar di ruang rapat Panji Pulang Jiwo lantai 2 Pendopo Kepanjen Kabupaten Malang, Jumat (31/5/2024) pagi. Hadir membuka acara Asisten Administrasi Umum, Dr Wahyu Kurniati, mewakil Sekda Kabupaten Malang, Dr Nurman Ramdhansyah, SH, M.Hum.

Dalam sambutannya, Wahyu Kurniati menyampaikan, bahwa media sosial perangkat daerah merupakan sarana informasi yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Malang dalam menyampaikan informasi dan pelayanan umum terhadap masyarakat.

"Saat ini media sosial menjadi sarana informasi yang lebih diminati oleh masyarakat umum. Media sosial adalah sebuah platform berbasis internet yang mudah digunakan sehingga memungkinkan para pengguna untuk membuat dan berbagi konten bersifat informasi, opini, dan lainnya, dalam konteks yang beragam yang informatif, edukatif, sindiran, kritik dan sebagainya," jelasnya.

Bimtek-Perencanaan-Media-Komunikasi-Publik-Kabupaten-Malang-1.jpg

Saat ini katanya, media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia yaitu Facebook, Youtube, Instagram, X dan Tik Tok.

"Penggunaan media sosial telah membentuk dan mendukung cara baru dalam berkomunikasi, berinteraksi, dan berkolaborasi. Media sosial menawarkan  cara yang lebih cepat dan tepat untuk berpartisipasi dalam pertukaran informasi melalui daring," katanya.

Penggunaan dan pemanfaatan media sosial jelasnya, merupakan salah satu cara dalam mempromosikan serta menyebarluaskan program dan kebijakan pemerintah serta berinteraksi dan menyerap aspirasi masyarakat sehingga mencapai saling pengertian untuk kepentingan bersama antara pemerintah dan masyarakat.

Bimtek-Perencanaan-Media-Komunikasi-Publik-Kabupaten-Malang-2.jpg

Proses komunikasi tambahnya, karena ketertarikan yang sama terhadap suatu hal akan cepat membangun opini publik yang berdampak pada citra dan reputasi pemerintah.

Dari itu kata perempuan berkaca mata itu, tujuan utama dari dilaksanakannya Bimbingan Teknis Perencanaan Media

Komunikasi Publik ini, tidak lain adalah untuk meningkatkan penguasaan dan pemahaman Perangkat Daerah. Khususnya dalam pengelolaan media sosial, sehingga dapat menjadikan media sosial sebagai platform untuk menjalankan komunikasi publik, serta untuk menjalankan komunikasi strategis untuk menunjang program keterbukaan informasi publik.

Bimtek-Perencanaan-Media-Komunikasi-Publik-Kabupaten-Malang-3.jpg

Bimtek yang diikuti oleh seluruh perwakilan dari SKPD dan BUMD Pemkab Malang itu menghadirkan Pemimpin Redaksi TIMES Indonesia, Yatimul Ainun dan Imratul Izza dari Malangtimes. 

Kedua Narasumber banyak mengupas soal teknik menulis berita, dan distribusi berita di media sosial. Teknis menulis berita mulai dari teknis membuat judul, SEO dan menentukan keyword berita. Selanjutnya juga banyak diulas soal teknik membuat konten untuk media sosial. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES