Peristiwa Daerah

Seekor Harimau Berkeliaran di Masjid di Solok Sumatra Barat

Jumat, 31 Mei 2024 - 11:47 | 12.24k
Harimau Sumatra (Panthera Tigris Sumatrae) koleksi Taman Safari Indonesia. (Foto: dok TSI)
Harimau Sumatra (Panthera Tigris Sumatrae) koleksi Taman Safari Indonesia. (Foto: dok TSI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Seekor harimau sumatra (Panthera Tigris Sumatrae) terekam CCTV sedang berkeliaran di halaman Masjid Alisma Alius Lubuk Selasih, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Barat, Lugi Hartanto, menjelaskan, mereka menerima laporan mengenai harimau yang terlihat di halaman Masjid Alisma Alius dan terekam CCTV pada Kamis (30/5) sekitar pukul 02.00 WIB.

Setelah menerima laporan tersebut, tim Balai KSDA Sumbar bersama tim nagari segera turun ke lokasi untuk melakukan upaya mitigasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat agar tetap tenang.

"Tim berusaha menggiring harimau tersebut kembali ke habitatnya yang berbatasan dengan kawasan hutan," ucapnya, Jumat (31/5/2024)

Langkah ini diambil untuk memastikan keselamatan masyarakat dan mencegah korban jiwa baik dari pihak manusia maupun satwa.

Selain itu, tim BKSDA juga bekerja sama dengan Polsek Gunung Talang, Polres, Bhabinsa, dan pemerintah nagari untuk membantu dalam proses penggiringan.

"Hingga tadi malam, tim gabungan masih melakukan penghalauan bersama," katanya.

Ia mengatakan bahwa tim di lapangan tidak melihat harimau tersebut secara langsung. Namun, dari rekaman CCTV, mereka dapat menganalisis arah pergerakannya.

Tim telah intens mengantisipasi keberadaan harimau tersebut sejak pagi kemarin dengan membunyikan meriam karbit agar satwa tidak mendekati wilayah tersebut lagi, serta memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tetap waspada dalam beraktivitas.

Sebelumnya, rekaman video CCTV dari Masjid Alisma Alius yang menunjukkan harimau berjalan melewati halaman masjid selama 31,4 detik pada Kamis, 30 Mei 2024, pukul 00:31:21, beredar di media sosial.

Berdasarkan tangkapan layar dari rekaman CCTV tersebut, harimau itu terlihat datang dari arah Solok, masuk ke halaman masjid, berhenti sejenak, lalu berjalan ke arah Padang. Harimau itu kemudian kembali ke halaman masjid sebelum akhirnya hilang dari pandangan kamera. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES