Peristiwa Daerah

Lantai Puskemas Mojoagung Jombang Ini Ambles, Padahal Habiskan Dana Rp5,4 Miliar 

Jumat, 31 Mei 2024 - 19:47 | 12.31k
Kondisi Lantai Puskesmas Mojoagung Jombang yang Ambles Padahal Anggaran Pembangunannya Capai Rp 5,4 Miliar. (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)
Kondisi Lantai Puskesmas Mojoagung Jombang yang Ambles Padahal Anggaran Pembangunannya Capai Rp 5,4 Miliar. (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Telan anggaran Rp5,4 Miliar, lantai Puskesmas Mojoagung, Jombang ini malah ambles pada Jumat (31/5/2024) sekitar pukul 10.00 WIB.

Ada dua titik lantai yang ambles. Titik pertama ada di lorong akses dari ruang pelayanan yang mengarah ke ruang poli gigi. Diketahui, kerusakan lantai sepanjang 7 meter dan lebar kedalamannya 30 centimeter. 

Sementara untuk titik kedua ada di toilet pasien khusus disabilitas dengan luas keretakan sekitar 1 meter persegi.

Menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, Syaiful Anwar ketika lantai ambles beruntungnya ruangan dalam kondisi sepi. Dugaan awal amblesnya lantai ini karena proses pemadatan tanah yang kurang sempurna. 

"Untuk sementara ini, dugaan awal karena pemadatan tanah yang kurang sempurna saat proses pengerjaan proyek," ucapnya. 

Karena tidak sempurnanya proses pemadatan tanah itu, seiring berjalannya waktu terdapat penurunan settlement tanah. "Itu membuat ubinnya gantung dan karena gantung sehingga patah di ubinnya," ujarnya. 

Lebih lanjut, pihak Dinkes Jombang sendiri sudah melakukan komunikasi dengan kontraktor yang menjadi pelaksana proyek pembangunan. Pihaknya meminta pertanggung jawaban karena gedung tersebut masih dalam proses pemeliharaan. 

"Jadi kami sudah menghubungi pihak kontraktor untuk minta diperbaiki karena itu masih tanggung jawab kontraktor. Masih dalam massa pemeliharaan. Dalam satu waktu satu minggu sudah selesai," ungkapnya. 

Meskipun lantai puskesmas ambles, ia menuturkan tidak ada kerugian fisik pada insiden ini. Namun, insiden ini berdampak pada kemanfaatan bangunan. 

"Tidak ada kerugian, tapi berdampak kepada akses manfaat karena ini tempat pelayanan," imbuhnya. 

Syaiful melanjutkan, untuk aktivitas pelayanan masih terus berlanjut meskipun lantai puskesmas ambles. Nantinya, akan ada pengalihan jalur sehingga tetap bisa memungkinkan adanya pelayanan. 

"Nanti akan diperbaiki, karena yang ambles hanya beberapa meter saja. Tapi tetap akan kami lihat apakah ada kerusakan lainnya. Sementara akan ada pengalihan jalur dulu supaya akses pelayanan masih bisa jalan," jelasnya.

Sebagai informasi, proyek pembangunan Puskesmas Mojoagung ini menghabiskan anggaran sebesar Rp 5.455.642.000 dari APBD tahun 2023. Proyek ini sendiri dikerjakan oleh CV Sugio Langgeng dan pengawas dari CV Syahir Consultant. 

Dalam kontrak kerjanya, pengerjaan proyek pembangunan puskesmas ini dimulai pada 12 Juli dan selesai 8 November 2023. Proyek pembangunan tersebut kemudian sudah diserahterimakan pada awal januari 2024. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES