Peristiwa Daerah

Milad 'Aisyiyah ke-107, Memperluas Dakwah Kemanusiaan Semesta oleh Perempuan Aisyiyah

Minggu, 02 Juni 2024 - 12:34 | 54.85k
Penyampaian materi talkshow tentang pencegahan kanker rahim dan organ reproduksi juga pengembangan cabang dan ranting 'Aisyiyah, di acara peringatan Milad 'Aisyiyah ke-107, di Aula BAU Universitas Muhammadiyah Malang, Minggu (2/6/2024). (Foto: Amin)
Penyampaian materi talkshow tentang pencegahan kanker rahim dan organ reproduksi juga pengembangan cabang dan ranting 'Aisyiyah, di acara peringatan Milad 'Aisyiyah ke-107, di Aula BAU Universitas Muhammadiyah Malang, Minggu (2/6/2024). (Foto: Amin)

TIMESINDONESIA, MALANG – Acara peringatan Milad 'Aisyiyah ke-107 dilangsungkan Pimpina Daerah 'Aisyiyah Kabupaten Malang, di Aula BAU UMM, Minggu (2/5/2024).

Milad 'Aisyiyah ke-107 ini mengangkat tema “Memperkokoh dan Memperluas Dakwah Kemanusiaan Semesta”. Dakwah kemanusian semesta dimaknai sebagai dakwah yang melintas batas agama, bangsa dan negara. 

"Melalui tema ini ‘Aisyiyah mengingatkan kepada masyarakat Indonesia, bahwa perempuan berkemajuan didorong untuk menjalankan peran keagamaan dan menyebarkan nilai-nilai kemanusiaan semesta yang rahmatan lil-‘alamin," demikian sambutan Ketua PP Aisyiyah, Dr. Apt. Salmah Orbayinah, M.Kes, seperti disampaikan Ketua PD 'Aisyiyah Kabupaten Malang, Dr. Apt. Musyidah, M.Kes, Minggu (2/6/2024). 

Peran menebar kebaikan dalam kemanusiaan semesta ini, antara lain dilakukan melalui penyebarluasan dialog antaragama dan peradaban, penyelamatan ekosistem dan lingkungan hidup di tingkat global, serta gerakan perdamaian dunia, dan Gerakan antiperang seperti membela bangsa Palestina dari agresi Israel.

"Aisyiyah juga aktif mengupayakan perlindungan perempuan dan anak dari segala ancaman kekerasan, sebagai perwujudan dari dakwah rahmatan lil-‘alamin," tandasnya.

Secara khusus, usaha menebar kebaikan yang diperankan ‘Aisyiyah secara tersistem dilakukan melalui Amal Usaha di bidang pendidikan, kesehatan, pelayanan sosial, pemberdayaan masyarakat dan ekonomi, serta amal usaha lainnya yang secara nyata dapat dirasakan langsung oleh masyarakat luas.

"Lebih dari satu abad, 'Aisyiyah bersama Muhammadiyah melaksanakan amal usaha sebagai perwujudan dari dakwah dan tajdid (pembaharuan) yang membawa kemajuan hidup seluruh masyarakat dan umat manusia," kata Salmah Orbaniyah.

Hadir pula memberikan sambutan pada acara milad ini, Rektor UMM, Prof. Dr. H Nazaruddin Malik, SE, M.Si, Wakil Ketua PW 'Aisyiyah Jawa Timur, Dr. Sugiarti. M.Si, dan Wakil Ketua PDM Kabupaten Malang, Dr. H. Sunarto, M.Ag.

Pada acara Milad 'Aisyiyah ke-107 ini, juga diisi dengan talkshow terkait kesehatan dangan materi pencegahan kanker payudara dan rahim. Materi ini disampaikan narasumber Prof. Dr. dr. Sri Andarini, SpDLP.

Materi lainnya, terkait bagaimana upaya pengembangan organisasi 'Aisyiyah tingkat cabang dan ranting, yang disampaikan Prof. Dr. Tri Sulistyaningsih, M.Si. Perwakilan pimpinan dan kader Cabang 'Aisyiyah se Kabupaten Malang mengikuti peringatan dan materi  talkshow ini.

Sebagai rangkaian pengisi acara pembuka, ditampilkan sejumlah atraksi tarian tradisional dan kreasi, hafalan berantai, juga aksi teatrikal puisi dan teatrikal mini. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES