Peristiwa Daerah

Pasar Minulyo Pacitan bakal Dipermak, Butuh Dana Rp1 Miliar Lebih

Senin, 03 Juni 2024 - 10:26 | 24.15k
Kabid Pengelolaan Pasar Daerah Disdagnaker Pacitan, Edi Susilo, saat berbicara rencana renovasi pasar Minulyo. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)
Kabid Pengelolaan Pasar Daerah Disdagnaker Pacitan, Edi Susilo, saat berbicara rencana renovasi pasar Minulyo. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITANPasar Minulyo, salah satu pasar tradisional terbesar di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, bakal direnovasi besar-besaran. 

Kabid Pengelolaan Pasar Daerah Disdagnaker Pacitan, Edi Susilo mengungkapkan, kondisi bangunan pasar sudah banyak yang rusak dan membutuhkan anggaran renovasi sekitar Rp1 miliar lebih.

"Itu butuh biaya Rp1 miliar lebih. Kami sudah mengkalkulasi Pasar Minulyo, sebenarnya bangunannya sudah rapuh, itu dilihat dari atapnya," ujar Edi, Senin (3/6/2024).

Edi menjelaskan bahwa pihaknya telah mengusulkan anggaran renovasi tersebut kepada Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji. 

"Kami sudah menghadap Bupati Pacitan, kami sampaikan agar keberadaan pasar Minulyo ditinjau kembali," terangnya.

pasar-Minulyo.jpg

Meskipun demikian, Edi menegaskan bahwa secara umum tidak ada kerusakan fatal pada bangunan pasar di Pacitan saat ini.

"Sementara ini tidak ada, semua sedikit demi sedikit sudah teratasi, mengingat anggaran yang terbatas," ungkapnya.

Namun, Edi mengakui bahwa peningkatan sarana dan prasarana pasar masih belum maksimal. Sedangkan 3-4 tahun lagi perlu adanya rehab terutama pada bagian atap. 

"Kalau ada gempa cukup mengkhawatirkan. Kami tangani hal terpenting dulu yang diutamakan, baru nanti menginjak ke sarprasnya," jelasnya.

Renovasi Pasar Minulyo diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi para pedagang dan pengunjung. Selain itu, renovasi ini juga diharapkan dapat meningkatkan daya saing pasar tradisional Kabupaten Pacitan di tengah gempuran toko modern. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES