Peristiwa Daerah

Flight Perdana Balikpapan-Kediri Bawa 135 Penumpang, Termasuk Pj Wali Kota Kediri 

Kamis, 06 Juni 2024 - 21:01 | 16.57k
Pesawat Super Air Jet dengan nomor penerbangan IU 355, mendarat untuk pertama kali di Bandar Udara Dhoho – Kediri. (Foto: Yobby/TIMES Indonesia)
Pesawat Super Air Jet dengan nomor penerbangan IU 355, mendarat untuk pertama kali di Bandar Udara Dhoho – Kediri. (Foto: Yobby/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KEDIRIBandara Dhoho Kediri secara resmi melayani rute baru, yakni Balikpapan-Kediri PP dengan menggunakan maskapai Super Air Jet. Penerbangan perdana rute tersebut, berlangsung, Kamis (06/06/2024). Pesawat Super Air Jet dengan nomor penerbangan IU 355, mendarat untuk pertama kali di Bandar Udara Dhoho – Kediri (DHX) pada pukul 13.15 WIB. 

Menariknya, di antara 135 penumpang yang berada dalam pesawat tersebut terdapat Pj Wali Kota Kediri Zanariah. Bersama sejumlah jajaran Pemkot Kediri, Zanariah pulang ke Kediri setelah mengikuti agenda rakernas APEKSI bersama Presiden RI Joko Widodo di Balikpapan. 

Saat tiba di Bandara Dhoho Kediri, Zanariah disambut oleh Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa, Direktur Operasional Super Air Jet Boentoro Suhariyanto, General Manager PT Angkasa Pura I Bandar Udara Dhoho Kediri I Nyoman Noer Rohim.

Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa mengungkapkan dengan adanya rute baru di Bandara Dhoho Kediri, diharapkan bisa memberikan manfaat bagi semua daerah di sekitar kawasan Kabupaten Kediri, atau yang biasa disebut Lingkar Wilis. 

"Rute Balikpapan-Kediri akan memperlancar bisnis dan perekonomian di Kediri dan sekitarnya. Harapan kami akan lebih banyak lagi, tidak hanya penumpang, tapi juga kargo-kargo yang bisa memfasilitasi perdagangan hasil bumi  atau UMKM, baik dari Kediri dan Lingkar Wilis ke luar Jawa, terutama Kalimantan serta sekitarnya," ungkap Wakil Bupati Kediri. 

Sementara itu, General Manager PT Angkasa Pura I Bandar Udara Dhoho Kediri I Nyoman Noer Rohim menuturkan bandar udara bukan hanya sebuah gerbang fisik, tetapi juga sebuah 
jembatan bagi pertumbuhan ekonomi yang inklusif. 

"Terbukanya akses langsung dari Balikpapan – Kediri ini menjadi salah satu komitmen kami dalam mendukung pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) baru, memperkuat hubungan perdagangan regional dan mendorong pertumbuhan bisnis dan investasi di kedua kota”, ujarnya. 

Penerbangan Super Air Jet dijadwalkan terbang setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu dengan jam keberangkatan dari Balikpapan pukul 12.45 WITA dan tiba di Kediri pukul 13.15 WIB.
Sedangkan untuk rute sebaliknya, pesawat akan berangkat dari Kediri pukul 14.00 WIB dan tiba di Balikpapan pukul 16.30 WITA.

Selain makin mendekatkan kawasan Lingkar Wilis ke Ibu Kota Negara (IKN), rute Balikpapan - Kediri juga akan membuat kawasan Lingkar Wilis makin dekat dengan lebih dari 15 kota tujuan lainnya, seperti Berau, Tanjung Selor, Malinau, Tarakan, Melak, Palangkaraya, Banjarmasin, Pontianak, Jakarta, Medan Kualanamu, Batam, Makassar, Manado, Bali, Lombok, Ambon, Ternate, Jayapura, dan Merauke. 

Sejak penerbangan perdana pada 6 Agustus 2021, Kediri menjadi wilayah tujuan ke-30 yang dilayani oleh Super Air Jet. Direktur Utama (Chief Executive Officer) Super Air Jet Ari Azhari optimis, konektivitas yang baik adalah 
kunci untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di setiap daerah.  

"Hal ini tentunya akan meningkatkan konektivitas dan mempermudah mobilitas masyarakat serta pengembangan ekonomi daerah," tuturnya. Sebelumnya, Bandara Dhoho Kediri telah melayani rute Jakarta-Kediri PP. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES