Peristiwa Daerah

Mengenal Lebih Dekat Produk KOSME dan Bisnis Maklon Kosmetik Serta Proses Produksinya

Jumat, 07 Juni 2024 - 15:15 | 12.03k
Gilang W. Pramana dan Shandy Purnamasari selaku founder KOSME dan J99 Corp saat menunjukkan langsung proses produksi KOSME kepada jurnalis (Foto: dok KOSME)
Gilang W. Pramana dan Shandy Purnamasari selaku founder KOSME dan J99 Corp saat menunjukkan langsung proses produksi KOSME kepada jurnalis (Foto: dok KOSME)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – PT Kosmetika Global Indonesia atau KOSME, unit bisnis manufaktur unggulan J99 Corp yang merupakan salah satu perusahaan maklon kosmetik dan skin care terkemuka di Indonesia menggelar kegiatan media factory visit ke ruang produksinya di kawasan SIER, Surabaya, 6 Juni 2024. 

Mengundang belasan jurnalis dari media ternama di tanah air, kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan lebih dekat seputar bisnis maklon yang dilakukan oleh KOSME selama ini, sekaligus memberikan pengalaman untuk melihat secara langsung bagaimana proses produksi produk-produk maklon yang ada di KOSME.

Dipandu langsung oleh Gilang W. Pramana dan Shandy Purnamasari selaku founder KOSME dan J99 Corp.; juga Agung Anggara sebagai General Manager KOSME, para jurnalis dibawa ke ruang produksi, juga ruang mixing dan filing untuk melihat langsung proses pembuatan produk-produk maklon di KOSME yang didukung oleh mesin-mesin canggih berteknologi mutakhir yang pengoperasiannya sudah menerapkan Internet of Things (IoT).

Selain itu, mereka juga diajak ke laboratorium R&D untuk mengintip proses pembuatan sampel produk. Ada juga sesi mini talkshow, dimana rekan-rekan media bisa bertanya lebih jauh tentang seluk beluk bisnis maklon kosmetik yang dilakukan oleh KOSME. 

Kepada TIMES Indonesia, Gilang W. Pramana mengungkapkan jika perkembangan beauty industry yang meningkat pesat di Indonesia memberikan peluang bagi banyak orang untuk menjadi beautypreneur dengan meluncurkan merek kosmetik dan skin care-nya sendiri. Kesempatan itu pun semakin terbuka lebar karena saat ini sudah banyak perusahaan maklon produk kecantikan di Indonesia yang menawarkan jasa produksi sekaligus konsultasi produk-produk kosmetik dan skin care sesuai dengan keinginan mereka. Alhasil industri kecantikan nasional juga semakin berkembang dengan banyaknya merek kosmetik dan skin care lokal yang hadir di pasaran. 

KOSME.jpg

"Kami di J99 Corp. turut memahami perkembangan ini dengan menghadirkan KOSME, sebagai salah satu unit bisnis unggulan J99 Corp. di sektor manufaktur produk-produk kosmetik dan kecantikan. Hal ini juga selaras dengan semangat kami untuk kian memajukan dunia usaha lokal demi menunjang perekonomian bangsa," katany, Jumat (7/6/2024).

Lebih jauh Gilang mengungkapkan peran KOSME dalam memeriahkan industri maklon kosmetik di tanah air. 

“Sejak berdiri tahun 2018, KOSME sebagai bagian dari J99 Corp. terus tumbuh dengan menghadirkan produk-produk lokal andalan yang berkualitas dan didukung dengan layanan premium untuk customer-nya. Setiap bagian dari tim KOSME merupakan orang-orang yang ahli di bidangnya dan selalu memastikan customer dapat memperoleh produk kosmetik dan skin care dengan standar kualitas terbaik," ungkapnya.

"Tentunya prinsip ini sesuai dengan nilai-nilai perusahaan yang dipegang oleh J99 Corp. beserta seluruh unit bisnisnya dimana kami selalu memegang teguh tanggung jawab untuk memberikan kualitas pelayanan dan produk yang bermutu, serta terus berinovasi dengan mengikuti perkembangan tren pasar kosmetik dan skin care terkini,” sambung Gilang.

Sementara Agung Anggara, General Manager KOSME menjelaskan bagaimana bisnis maklon di KOSME berjalan.

“Di KOSME, berbagai varian produk kecantikan mulai dari skin care, body care, hair care, personal care, make-up, lip product, hingga perfume bisa diproduksi dengan biaya terjangkau dan minimum quantity yang bervariasi. Kami membantu beautypreneur, customer kami, untuk membuat brand kecantikan sendiri dengan memberikan layanan One Stop Service, mulai dari pembuatan sampel, membantu pembuatan merek/Hak Kekayaan Intelektual (HKI), layanan desain logo dan kemasan gratis, juga konsultasi marketing terkait layanan purna jual," katanya.

Menurut Angga, dengan berbagai layanan yang diberikan, beautypreneur tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk memulai bisnis kosmetiknya sendiri. KOSME juga menyediakan tenaga ahli dan teknologi canggih untuk menghasilkan produk kecantikan lokal berkualitas internasional.

KOSME-2.jpg

"Bahwa proses manufaktur produk-produk maklon tersebut berjalan di tiga plant KOSME yang berada di Surabaya, Malang, dan Cikarang. Ketiganya telah memiliki standar untuk menjalankan semua prosedur maklon sesuai dengan Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik (CPKB), ISO, serta ketentuan BPOM sehingga kualitas produk yang dihasilkan sudah pasti terjamin. KOSME juga memiliki Standard Operational Procedure (SOP) bertaraf internasional dalam proses produksi, pengemasan, sampai dengan penyimpanan hasil produksinya," paparnya.

Lebih lanjut, Angga menegaskan jika Tim Quality Control (QC) juga senantiasa melakukan proses pengecekan ketat mulai dari pengadaan bahan baku dan kemasan, proses produksi, pengemasan, hingga distribusi produk ke customer.

Hingga saat ini, KOSME sudah melahirkan lebih dari 270 brands dan memproduksi lebih dari 1.400 varian produk untuk MS GLOW, MS Glow For Men, Skintheory, Natura World, Men’s Experience, Byebadskin, RANS Beauty, NOSUKU, PRSY, dan masih banyak lagi. 

Shandy Purnamasari, sebagai founder MS GLOW juga melakukan maklon di KOSME.

“Selama ini MS GLOW mempercayakan KOSME sebagai mitra maklon karena mampu menghasilkan produk-produk skin care yang berkualitas untuk kami. Tidak hanya dari mutu produk, namun layanan One Stop Service-nya juga sangat membantu kami dalam proses pengembangan produk baru dan distribusi produk ke mitra-mitra bisnis di seluruh Indonesia. Persaingan ketat beauty industry di tanah air menjadikan MS GLOW harus selalu siap berinovasi menghasilkan produk lokal berkelas internasional. KOSME sebagai perusahaan maklon pun telah menunjukkan komitmennya dalam memberikan kualitas pelayanan yang mumpuni kepada MS GLOW sebagai customer-nya," jelasnya.

Lalu bagaimana prosedur yang harus dilakukan untuk bisa melakukan maklon di KOSME? Anggara mengaku jika prosedur maklon dimulai dari konsultasi dengan admin KOSME terkait permintaan sampel produk kosmetik dan skin care yang diinginkan. Tim KOSME akan membantu membuatkan sampel termasuk formulasinya sesuai dengan permintaan dari customer. Saat tahapan sampel, dalam waktu bersamaan customer bisa mendaftarkan mereknya ke HKI dengan bantuan tim KOSME.

Setelah disetujui, produk akan masuk ke tahapan pendaftaran BPOM kurang lebih selama 3 sampai dengan 4 bulan. Sambil menunggu persetujuan BPOM tersebut, bisa dilakukan proses kemasan mulai dari desain, proofing, hingga produksi kemasan. Setelah tahapan BPOM selesai, proses produksi pun siap dijalankan hingga akhirnya produk siap dikirim ke customer. 

"Maklon di KOSME bisa didapatkan dengan berbagai jenis paket dengan minimum order 1000 produk dan bisa disesuaikan dengan keperluan usaha yang dibutuhkan. Untuk para pemilik usaha atau beautypreneur yang membutuhkan informasi lebih lanjut terkait maklon di KOSME, bisa cek website kosme.co.id atau WhatsApp ke nomor +62-811-3564-899," pungkasnya

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES