Peristiwa Daerah

Rakerda KNPI Kota Kediri: Dorong Pemuda Tingkatkan Manfaat bagi Masyarakat

Sabtu, 08 Juni 2024 - 15:31 | 13.20k
Ketua KNPI Kota Kediri Munjidul Ibad di sela Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD KNPI Kota Kediri Periode 2024-2027. (Foto: Yobby/TIMES Indonesia)
Ketua KNPI Kota Kediri Munjidul Ibad di sela Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD KNPI Kota Kediri Periode 2024-2027. (Foto: Yobby/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KEDIRIKNPI Kota Kediri meneguhkan komitmen untuk mendukung pembangunan Kota Kediri, terutama di bidang-bidang yang melibatkan peran pemuda seperti pada bidang sosial, bidang ekonomi serta bidang kepemimpinan. 

Hal itu ditegaskan Ketua KNPI Kota Kediri Munjidul Ibad di sela Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD KNPI Kota Kediri Periode 2024-2027. Pria yang akrab disapa Ibad itu mengungkapkan, pada bidang ekonomi, peranan pemuda saat besar. Saat ini jumlah pemuda di Kota Kediri yang berusia 16-30 sekitar 60 ribu. 

Jika sektor ekonomi tersebut dikembangkan khususnya dengan peran pemuda, maka akan memberikan sumbangsih besar pada ekonomi Kota Kediri. Sementara di bidang sosial, KNPI mendorong pemuda harus mempunyai empati ke lingkungan, dengan makin aktif dan tidak cuek ketika terjadi permasalahan sosial. 

"Begitu juga dengan bidang intelektual. Dengan tingkat intelektualnya bertambah, seorang pemuda bisa menyelesaikan masalah minimal di lingkungannya atau ikut berkontribusi menyelesaikan masalah di Kota Kediri," jelasnya, Sabtu (8/6/2024). 

Hal senada turut diutarakan Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparbudparpora) Kota Kediri, Zachrie Ahmad. 

Menurutnya, para pemuda di Kota Kediri diharapkan bisa menumbuhkan semangat pelopor. 

Zachrie mengungkapkan, dengan menjadi pelopor di berbagai bidang, pemuda Kota Kediri bisa berperan sebagai pemicu percepatan untuk mewujudkan pemuda yang berkualitas dan unggul yang nantinya mampu membantu pembangunan. 

"Harapannya, KNPI sebagai sebuah wadah dari para OKP, bisa mendorong para pemuda untuk nanti bisa menjadi pelopor dan mempunyai manfaat pada masyarakat di segala bidang. Tadi disebutkan ada di bidang sosial, bidang ekonomi, terus bidang intelektual," tambahnya. 

Dalam Rakerda tersebut 20 bidang yang ada dalam KNPI diminta untuk memaparkan setiap program dan rencana kerja dimiliki. 

Beberapa program tersebut nantinya juga akan dibahas bersama pengurus KNPI untuk menjadi program internal dan eksternal, yang bisa dikolaborasikan dengan pihak lain. Salah satunya seperti Pemerintah Kota Kediri. 

"Kita minta jelaskan programnya seperti apa, tujuannya seperti apa, target dan waktu pelaksanaannya seperti apa. Agar nanti KNPI punya program yang berkualitas dan program itu nantinya bisa kita sinergikan dengan pemerintah Kota Kediri," ujar Ketua Panitia Rakerda KNPI Kota Kediri Mustaid. 

Pada Rakerda tersebut juga turut dibicarakan terkait wacana KNPI untuk memiliki badan semi otonom yang berbentuk koperasi. Keberadaan koperasi itu nantinya diharapkan juga turut mendorong jiwa wirausaha OKP dan pemuda yang bergabung dalam KNPI. 

"Badan-badan otonom itu bermanfaat menggerakkan jiwa-jiwa anak muda yang suka entrepreneurship untuk ke depannya. Jadi ini penting karena KNPI sendiri memiliki jiwa wira usaha," pungkas Ketua Panitia Rakerda KNPI Kota Kediri ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES