Peristiwa Daerah

Magelang Creative Designers Meetup #1 dan Geliat Komunitas Desainer Grafis

Minggu, 09 Juni 2024 - 22:36 | 64.98k
Para peserta Meetup, terlihat antusias mengikuti salah satu sesi yang diadakan oleh panitia. (FOTO: Catur Arif S /TIMES Indonesia)
Para peserta Meetup, terlihat antusias mengikuti salah satu sesi yang diadakan oleh panitia. (FOTO: Catur Arif S /TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAGELANG – Setelah 5 tahun tidak berkegiatan, komunitas desainer grafis di Kabupaten Magelang kembali menggeliat. Itu ditandai dengan gelaran acara sebagai bentuk kegiatan rutin komunitas.

Sebelumnya, 3 acara meetup bertajuk Sharing Design 1, 2 dan 3 sukses digelar di Magelang dan sebagai acara puncak, diadakan di tahun 2019 dengan dihadiri oleh para insan kreatif dari berbagai penjuru Magelang.

Kali ini kegiatan komunitas menampilkan sesuatu yang tidak biasa, karena skala yang dijangkau lebih luas dari acara yang sebelumnya sukses diadakan. Tema yang diangkat pun ternyata mampu memantik antusiasme peserta. Mereka yang hadir, datang dari berbagai daerah di Indonesia. 

'Desainer Grafis Bertahan di Industri' dipilih sebagai topik utama yang relevan dengan kondisi saat ini. Dengan menampilkan 4 pemateri andal, mereka dinilai mampu menjawab keresahan yang selama ini ada di benak para desainer grafis. 

 Pertumbuhan dinamika pasar yang tidak pasti dan perkembangan teknologi yang begitu cepat diharapkan mampu memberikan motivasi dan arahan kepada peserta untuk tetap semangat dalam berkarya.

Acara meetup kali ini juga menjadi tonggak, sejarah awal berdirinya komunitas desainer Magelang, karena pada kesempatan tersebut, komunitas itu secara resmi mendeklarasikan komunitasnya dengan nama MCD atau Magelang Creative Designers.

Sebelumnya komunitas desainer Magelang memang memang belum memiliki nama dan bentuk yang resmi.  Semangat aktivitas yang berjalan hanyalah inisiasi dari setiap individu ke individu.

Dengan lahirnya MCD ini, diharapkan dapat menjadi wadah yang terintegrasi untuk segala aktivitas kolektif dan kolaboratif para desainer di Magelang, sehingga akan memunculkan sinergi dan kerjasama antara para pelakunya.

Kittl.com (sebuah platform dan marketplace desain online yang berbasis di Berlin, Jerman) yang menjadi sponsor utama dalam kegiatan itu, berhasil menghadirkan lebih dari 400 peserta. Sejak pengumuman pendaftaran dibuka, target kuantitas peserta dengan cepat langsung terpenuhi hanya dalam waktu 2 hari.

Acara yang dihelat pada Minggu, (9/6/2024) di Pasar Tani Morosuko, Desa Tegalarum, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang tersebut berlangsung sukses. Segala rangkaian kegiatan yang disuguhkan berjalan seperti yang direncanakan dan disusun panitia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES