Peristiwa Daerah

KPU Kota Malang Luncurkan Tahapan Pilkada 2024, Targetkan Partisipasi Besar

Senin, 10 Juni 2024 - 11:07 | 11.12k
Suasana peluncuran tahapam Pilkada 2024 di halaman Balai Kota Malang. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Suasana peluncuran tahapam Pilkada 2024 di halaman Balai Kota Malang. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang resmi meluncurkan tahapan Pilkada 2024 di halaman Balai Kota Malang, Minggu (9/6/2024) kemarin malam.

Peluncuran tahapan Pilkada 2024 yang dilaksanakan oleh KPU Kota Malang cukup meriah. Dihadiri oleh ribuan masyarakat Kota Malang, peluncuran tahapan ini turut dimeriahkan oleh artis dangdut papan atas, yakni Nella Kharisma.

Ketua KPU Kota Malang, Aminah Asminingtyas berharap dalam tahapan Pilkada 2024 nanti jumlah partisipasi masyarakat Kota Malang besar. Sebab, pada tahapan Pemilu di 14 Februari 2024 lalu, jumlah partisipasi mampu melebihi target nasional.

"Untuk Pemilu kemarin kan cukup berhasil. Target nasional 79 persen dan kita bisa mencapai 82 persen. Harapannya Pilkada nanti begitu," ujar Aminah, Senin (10/6/2024).

Aminah mengungkapkan, tak ada perbedaan aturan dari Pemilu 2024 dan Pilkada 2024 nanti. Sebab, regulasi yang digunakan masih sama yaitu UU nomor 1  nomor 8, dan nomor 10 tahun 2015 yang mengalami perubahan sampai 3 kali sampai di UU No 6 tahun 2020 kemarin. 

"Sekarang tahapannya sudah berjalan sampai pada awal pemutakhiran data pemilih. Jadi kami sudah menerima DP4 yang kemudian akan kami turunkan teman-teman untuk memetakan jumlah TPS di masing-masing Kabupaten/Kota, Provinsi," ungkapnya.

peluncuran-tahapam-Pilkada-2024-a.jpg

Kemudian, nantinya akan dilakukan sosialisasi dan verifikasi administrasi kepada bakal calon yang telah menyerahkan persyaratan dukungan, minimal untuk jalur perseorangan. 

Aminah menyebut bahwa sosialisasi tahapan Pilkada 2024 ini agar masyarakat mengetahui bahwa Kota Malang akan kembali menyelenggarakan pesta demokrasi. Khususnya untuk pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang. 

"Masyarakat Kota Malang bisa memahami bahwa proses tahapan Pemilu sudah berjalan. Agar masyarakat tahu kapan hari dan tanggal untuk mendatangi TPS, menyalurkan hak politiknya untuk memilih Wali Kota dan Wakil Wali Kota termasuk Gubernur dan Wakilnya," tuturnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk dapat mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 22 November 2024 nanti demi partisipasi pesta demokrasi pemilihan calon pemimpin Provinsi Jatim dan Kota Malang.

"Kita mengajak masyarakat untuk aktif dan berpartisipasi untuk meningkatkan partisipasi dalam pemilihan. Jadi nanti hari Rabu (27/11/2024) masyarakat diharapkan datang ke TPS untuk memilih siapa yang akan menjadi pemimpin di Kota atau di Provinsi," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES