Peristiwa Daerah

Jembatan Brawijaya Kota Kediri Terbakar, Bagian Ini Alami Kerusakan

Senin, 10 Juni 2024 - 14:56 | 20.75k
Kondisi Jembatan Brawijaya Kota Kediri yang terbakar (Foto : Yobby/TIMES Indonesia)
Kondisi Jembatan Brawijaya Kota Kediri yang terbakar (Foto : Yobby/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KEDIRIJembatan Brawijaya, Kota Kediri, Senin pagi, (10/06/2024) terbakar. Api melalap tiang utara, gapura sisi barat jembatan penghubung bagian barat dan timur Kota Kediri tersebut. 

Kobaran api mengakibatkan lapisan yang menutupi tiang gapura tersebut terbakar habis tak bersisa dan memperlihatkan bagian kerangka gapura. Pemadam Kebakaran Kota Kediri menerjunkan dua mobil pemadam untuk menjinakkan dan memadamkan api. 

Di tempat kejadian, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kediri melakukan pembersihan puing bekas lapisan yang terbakar, terutama di bagian atas. 

Pembersihan dilakukan bersama DLHKP dan Dishub Kota Kediri. "Kita bersihkan puing-puing yang diatas agar tidak jatuh dan menimpa pengguna jalan yang dibawahnya," ujar Ahli Muda Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kota Kediri Sunarto. 

Lapisan yang terbakar sendiri merupakan lapisan ACP (aluminium composite panel) kedap air. Lapisan ACP yang habis dilalap api memiliki ketinggian sekitar 6 meter. "Jadi yang terbakar hanya lapisan penutup struktur. Kerusakannya hanya pada lapisan penutup ACP tadi," tambahnya. 


Api Membesar Dengan Cepat

Jembatan-Brawijaya-Kediri-yang-terbakar.jpgKondisi Jembatan Brawijaya Kota Kediri yang terbakar (Foto: Yobby/Times Indonesia)

Api sendiri diduga muncul sekitar pukul 09.00 WIB pagi. Menurut salah satu saksi mata bernama Rian, kebakaran berlangsung cepat. Dalam waktu singkat, api merembet naik dari bagian bawah kaki jembatan ke bagian atas. Api muncul hampir bersamaan dengan Rian membuka warung. 

"Waktu lihat sudah ada api. Dari bagian bawah kaki jembatan, merembet ke atas. Apinya besar dan cepat, tidak ada 5 menit sudah terbakar semua," tuturnya. 

Tiang gapura yang terbakar sendiri telah dipasangi garis polisi untuk mengamankan lokasi kejadian. Pihak kepolisian, dalam hal Polres Kediri Kota, juga tengah mendalami peristiwa kebakaran tersebut. Olah TKP dan pemeriksaan saksi mata telah dilakukan untuk memastikan penyebab kebakaran. 

Selain itu jika diperlukan, pihak Polres Kediri Kota juga akan berkoordinasi dengan Bidlabfor Polda Jatim. "Kita tindaklanjuti untuk kepastian penyebab," ujar Kapolres Kediri Kota AKBP Bramastyo Priaji. 

Jembatan Brawijaya Kota Kediri mulai beroperasi pada tahun 2018. Kehadiran jembatan tersebut menggantikan fungsi dari Jembatan Lama Kota Kediri yang telah berusia 1, 5 abad. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES