Peristiwa Daerah

Anjungan Literasi Elektronik ASIIK Hadir di Lapangan Gasibu Bandung

Senin, 10 Juni 2024 - 20:34 | 9.35k
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman meluncurkan platform ASIIK, Anjungan Literasi Elektronik di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Senin (10/6/2024). (Foto: Biro Adpim Jabar)
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman meluncurkan platform ASIIK, Anjungan Literasi Elektronik di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Senin (10/6/2024). (Foto: Biro Adpim Jabar)

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Dalam upaya meningkatkan budaya literasi masyarakat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) meluncurkan platform Anjungan Literasi Elektronik (ASIIK) di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, pada Senin (10/6/2024). Platform ini merupakan perpustakaan digital yang mudah diakses oleh masyarakat melalui scan QR Code yang tersedia di area Gasibu.

“ASIIK merupakan platform sederhana dengan manfaat besar bagi masyarakat, khususnya pengunjung Gasibu,” ujar Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Herman Suryatman.

Literasi adalah kunci kemajuan suatu peradaban dan kesejahteraan masyarakat. Akses ASIIK ini menjadi langkah awal meningkatkan kualitas hidup melalui literasi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Jabar, Kim Agung, mengajak semua pihak untuk bersama-sama meningkatkan kegemaran membaca masyarakat. Peluncuran ASIIK diharapkan menjadi stimulus bagi peningkatan literasi di Jawa Barat.

“Mari tingkatkan kegemaran membaca melalui akses ASIIK dan jadikan Jawa Barat sebagai masyarakat yang literate,” ungkap Kim Agung.

Chief Executive Officer (CEO) Aksaramaya, perusahaan teknologi yang fokus pada pengembangan literasi digital, Sulasmo Sudharno, turut mengajak warga Jawa Barat untuk memanfaatkan ASIIK. Platform ini menyediakan berbagai konten dan buku untuk meningkatkan literasi dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Datang ke Gasibu, teman-teman bisa menikmati banyak konten dan buku untuk dapat meningkatkan literasi dan ujungnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat dengan membaca,” tutur Sulasmo.

Platform ASIIK dikembangkan oleh Aksaramaya bersama Dispusipda Jabar dengan mekanisme scan QR code untuk membaca buku digital. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan reader dan dashboard monitoring untuk memantau utilisasi.

Selain di Lapangan Gasibu Bandung, spot ASIIK juga tersedia di ruang publik lainnya seperti GOR Saparua dan di lingkungan Kantor Dispusipda Jabar. Di luar Kota Bandung, Anjungan Literasi Elektronik baru tersedia di Desa Sekarwangi, Kecamatan Buahdua dan Desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang.

Keunggulan ASIIK:

  • Mudah diakses melalui scan QR Code
  • Menyediakan berbagai konten dan buku digital
  • Membantu meningkatkan literasi masyarakat
  • Meningkatkan kualitas hidup masyarakat
  • Mendukung kesejahteraan masyarakat Jawa Barat

Ajakan:

  • Mari tingkatkan kegemaran membaca melalui akses ASIIK
  • Jadikan Jawa Barat sebagai masyarakat yang literate
  • Manfaatkan ASIIK untuk meningkatkan literasi dan kesejahteraan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES