Peristiwa Daerah

Kirab Mojobangkit 2024 Kota Mojokerto, Pelestari Sejarah dan Budaya Majapahit hingga Kemerdekaan

Sabtu, 15 Juni 2024 - 19:11 | 13.28k
Drama kolosal era perjuangan merebut kemerdekaan dalam Kirab Mojobangkit 2024 Kota Mojokerto, Sabtu (15/6/2024) (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Drama kolosal era perjuangan merebut kemerdekaan dalam Kirab Mojobangkit 2024 Kota Mojokerto, Sabtu (15/6/2024) (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Perayaan HUT ke-106 Kota Mojokerto kembali dimeriahkan dengan Kirab Mojobangkit pada Sabtu (15/6/2024).

Diawali dengan Sumpah kebangkitan yang dipimpin oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro, Kirab Mojobangkit dimulai dengan penampilan marching band Taruna Brawijaya dan berlanjut dengan penampilan barongsai Young Lion. 

Kirab Mojobangkit menampilkan 3 era yang ada di Kota Mojokerto, yakni era Majapahit, era Kadipaten Japan serta era perjuangan dan kemerdekaan. 

Ali-Kuncoro.jpgPj. Wali Kota Mojokerto, Ali Kuncoro pada saat memimping sumpah kebangkitan, Sabtu (15/6/2024) (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

Pj. Wali Kota Mojokerto, Ali Kuncoro menyampaikan, Kirab Mojobangkit sebagai rangkaian hari jadi Kota Mojokerto menjadi salah satu upaya dari Pemkot Mojokerto untuk melestarikan sekaligus mengembangkan wisata. Di sisi lain untuk melestarikan nilai-nilai tradisi luhur yang pernah ada di Bumi Majapahit. 

"Ini akan menjadi kalender event tahunan dan saya harapkan penyelenggaraanya dari tahun ke tahun bisa dilaksanakan semakin bagus lagi, semakin meriah lagi," kata Mas Pj, sapaan akrab Ali Kuncoro, Sabtu (15/6/2024).

Mas Pj juga berharap dapat meningkatkan pendapatan warga, khususnya para pelaku UMKM. Sehingga roda ekonomi Kota Mojokerto terus bergerak membaik dan mampu mensejahterakan masyarakat secara luas.

"Saya harapkan penyelenggaraanya dari tahun ke tahun bisa dilaksanakan semakin bagus lagi, semakin meriah lagi dan kesuksesannya tidak saja pada acaranya tapi juga pada perekonomiannya," harap Mas Pj. 

Mas Pj juga berpesan agar seluruh warga Kota Mojokerto tetap menjaga persatuan dan kesatuan khususnya saat pemilihan kepala daerah mendatang. 

"Mari kita sambut Pilkada nanti dengan sukacita, jaga selalu kebersamaan, guyub rukun kalaupun ada perbedaan, kalaupun ada perselisihan tapi semua masih dalam bingkai kebhinekaan atau perbedaan itu dimaknai menjadi sebuah rahmatan lilalamin," tutup Mas Pj Wali Kota Mojokerto.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES