Peristiwa Daerah

Siap-siap, 3 Lokasi di Kota Malang Bakal Terpantau Kamera E-TLE

Kamis, 27 Juni 2024 - 14:54 | 17.29k
Salah satu titik lokasi di Simpang Kasin yang bakal terpasang kamera E-TLE. (FOTO: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Salah satu titik lokasi di Simpang Kasin yang bakal terpasang kamera E-TLE. (FOTO: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Satlantas Polresta Malang mendapatkan hibah 11 kamera dari Korlantas Polri. Hibah kamera tersebut memiliki sejumlah fungsi, mulai analitik, monitoring dan Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau kamera tilang elektronik.

Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Aristianto Budi Sutrisno mengatakan, dari 11 kamera hasil hibah dari Korlantas Polri, ada tiga kamera yang berfungsi sebagai E-TLE. Nantinya, ketiga kamera tilang elektronik tersebut bakal terpasang di tiga titik.

"Ada 11 kamera dari Korlantas Polri. Tiganya E-TLE, empat analitik dan ada yang monitoring," ujar Aris, Kamis (27/6/2024).

Ia mengungkapkan, tiga kamera E-TLE tersebut akan terpasang di tiga titik. Diantaranya, Jalan Letjen Sutoyo atau Simpang Kaliurang, Jalan Arif Margono atau Simpang Kasin dan Jalan MT Hariyono atau Simpang Universitas Brawijaya (UB) yang biasa disebut kawasan Jembatan Soekarno-Hatta (Suhat) Kota Malang.

"Dari Korlantas koordinasi dengan kami masalah titik. Kami berikan saran dan terpasang di tiga titik yang dianggap rawan kecelakaan dan pelanggar lalu lintas," ungkapnya.

Sementara, untuk empat titik kamera analitik berada di Jalan Raya Karanglo atau depan Adi Putro, Jalan Lowokdoro atau Simpang Gadang, Jalan S Surpiadi atau Simpang Kacuk dan Jalan Tlogomas atau Simpang Tlogomas.

"Analitik ini nanti bisa melakukan upaya penghitungan menganalisa dari pelanggaran lalu lintas di lokasi," katanya.

Kemudian, empat titik kamera monitoring berada di Jalan Panglima Sudirman atau Bok Gluduk, Jalan Tumenggung Suryo, Jalan Raya Kepuh dan Jalan MT Hariyono atau Watu Gong.

"Dengan adanya CCTV monitoring dan pembangunan TMC (Traffic Management Center), bisa membantu monitoring arus lalu lintas, sehingga menjadi pusat kendali untuk memantau arus lalu lintas di Kota Malang," jelasnya.

Aris menuturkan, saat ini tim tengah melakukan proses pemasangan secara bertahap termasuk kamera E-TLE atau tilang elektronik.

"Masih proses pemasangan, tiang sudah ada yang terpasang. Perbaikan TMC juga masih proses," tuturnya.

Dengan adanya fungsional E-TLE, Analitik dan Monitoring ini, Aris berharap angka kecelakaan semakin menurun dan meminimalisir pertemuan antara personel polisi dan pelanggar.

"Kita meningkatkan penindakan menggunakan E-TLE. Ini sesuai arahan bapak Kapolri menuju Polri presisi," ucapnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES