Peristiwa Daerah

Lebih dari Sekadar Kostum, Peserta BEC 2024 Tunjukkan Keunikan dan Potensi Unggulan Desa

Kamis, 27 Juni 2024 - 23:21 | 19.36k
Salah satu peserta BEC 2024 mengangkat unggulan desa hasil bumi buah jambu. (Foto: Fazar Dimas/TIMES Indonesia)
Salah satu peserta BEC 2024 mengangkat unggulan desa hasil bumi buah jambu. (Foto: Fazar Dimas/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Semarak Banyuwangi Ethno Carnival 2024 (BEC 2024) kian terasa. Sebanyak 130 desa di Banyuwangi unjuk gigi dalam penilaian parade kostum spektakuler yang mengangkat tema ‘Ndaru Deso, Revival of Village’, di area Agrowisata Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. Kamis, (27/06/2024).

Kostum-kostum ini tak hanya indah, tapi juga merepresentasikan keunikan dan potensi unggulan desa masing-masing. Para peserta BEC 2024 tidak hanya mempertunjukkan kostum yang indah, tapi juga cerita di baliknya. 

Kostum mereka menjelma menjadi kanvas raksasa, melukiskan kekayaan budaya, keindahan alam, atraksi desa, kuliner, ekonomi kreatif, inovasi teknologi, dan potensi-potensi lain yang dimiliki desa-desa di Banyuwangi.

Penampilan para peserta memukau para dewan juri ternama, seperti Bambang Lukito, John A Rahmatullah, Sukirno Fajar, Almira, dan Ariska Ayu Citra. Tak hanya memberikan penilaian, dewan juri pun memberikan arahan konstruktif untuk membantu peserta mencapai performa terbaik pada Sabtu, 13 Juli 2024 mendatang.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, Ainur Rofiq memberikan selamat kepada seluruh peserta BEC 2024 ini. Ia berpesan kepada seluruh pendamping dan tim yang terlibat, apa yang telah dewan juri berikan masukan untuk dilakukan sebaik mungkin demi memaksimalkan ketika memasuki presentasi ke-2 pada tanggal 9 Juli 2024 nanti.

BEC-2024-a.jpgKostum peserta BEC 2024 mempresentasikan hasil desa berupa coklat/ (Foto: Fazar Dimas/TIMES Indonesia)

"Setelah mendapatkan arahan dari dewan juri, kami mohon peserta untuk dilaksanakan sebaik mungkin. Karena arahan dari para dewan juri tersebut merupakan kunci dari kesuksesan para peserta semua untuk mendapatkan nilai yang sempurna," kata Ainur.

Pada penyelenggaraan BEC yang ke-12 tahun 2024 ini, start parade akan di mulai di kawasan Alun-alun Taman Blambangan dan finish di depan kantor Kecamatan Banyuwangi dengan menempuh jarak sekitar 2 km.

Pagelaran BEC 2024 akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Akan ada rangkaian acara yang dimulai dari tanggal 10-14 Juli 2024. Bersiaplah untuk terpesona dengan berbagai acara menarik. Berikut jadwal rangkaian kegiatannya:

  • 10-14 Juli: Creative Expo di Lorong Bambu Gesibu Blambangan, menampilkan berbagai produk kreatif dan UMKM lokal.
  • 11-12 Juli: Srawung Seni di Gesibu Blambangan, pertunjukan seni dan budaya tradisional Banyuwangi dan luar daerah yang memukau.
  • 13 Juli: Grand Carnival BEC di Jl. Dr. Soetomo, Taman Blambangan, puncak acara dengan parade kostum spektakuler dari berbagai desa di Banyuwangi.
  • 14 Juli: Awarding BEC di Gesibu Blambangan, malam penghargaan bagi para peserta BEC 2024.

Menariknya, pagelaran kostum kebanggaan masyarakat Banyuwangi ini juga akan diramaikan oleh para penyanyi fenomenal seperti Wandra Restusiyan, Suliyana dan Kezya Filano (DAcademy 5) pun siap mengguncang panggung showtime BEC 2024. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES