Peristiwa Daerah

Dukung Pencegahan Stunting, Perumdam Tirta Anom Kota Banjar Edukasi Pentingnya Air Bersih

Selasa, 02 Juli 2024 - 08:36 | 11.51k
Direktur Perumdam Tirta Anom Kota Banjar sebut dukungannya atas pembuatan sumur bor sebagai penyedia air bersih guna cegah stunting. (Foto: Hublang Tirta Anom for TIMES Indonesia)
Direktur Perumdam Tirta Anom Kota Banjar sebut dukungannya atas pembuatan sumur bor sebagai penyedia air bersih guna cegah stunting. (Foto: Hublang Tirta Anom for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJAR – Air merupakan sumber kehidupan, untuk itu air memiliki peranan penting dalam menjalankan hidup sehat. Di Kota Banjar, akses untuk mendapatkan air bersih masih menjadi tantangan tersendiri.

Di beberapa titik masih terdapat daerah yang kesulitan mendapatkan air bersih. Sementara disisi lain, seiring program Pemerintah dalam mencegah kenaikan angka stunting, maka penyediaan air minum yang layak dan aman dikonsumsi berkontribusi besar dalam meminimalisir angka gagal tumbuh tersebut.

Direktur Perusahaan Daerah Air Minum atau Perumdam Tirta Anom, E Fitrah Nur Kamilah menjabarkan bahwa terbangunnya korelasi antara stackholder pemerintah menjadi harapan masyarakat agar bisa mendapatkan air bersih yang layak dan aman.

"Untuk itu kami sangat mendukung pembuatan sumur bor sebagai salah satu langkah untuk mengakses air minum tersebut," terangnya, Selasa (2/7/2024).

Pembuatan sumur bor dilakukan Dusun Karangsari, Desa Batulawang, Kota Banjar yang dalam pelaksanaannya bersinergi dengan TNI-Polri, Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup serta PDAM Tirta Anom Kota Banjar.

Ditambahkan Kasi Hublang Tirta Anom, Yogi Indrijadi, ini merupakan keseriusan pemerintah dalam mewujudkan air bersih yang layak dan aman agar terus maksimalkan.

"Salah satunya dengan adanya kegiatan pembuatan sumur bor yang diinisiasi oleh Polres Banjar kemudian diimplementasikan oleh dinas-dinas terkait, termasuk perumdam Tirta Anom, " tandasnya.

Yogi mengatakan pihaknya ikut serta dalam memberikan bantuan fasilitas air serta penyampaian edukasi mengenai air bersih.

"Jadi inisiasi sumur bor itu Polres yang pertama kali mengusulkan untuk mewujudkan air bersih disana, kemudian kami bersinergi. Perumdam Tirta Anom sendiri memberikan fasilitas air seperti water meter dan mengedukasi masyarakat," urainya.

Edukasi mengenai pentingnya air bersih untuk penanganan stunting memang perlu dilakukan sesuai dengan misi Perumdam Tirta Anom di usianya yang ke 20 tahun dalam membantu pemerintah menekan angka stunting.

"Salah satu penyebab stunting adalah karena masyarakat tak mendapatkan air bersih yang layak dan aman untuk dikonsumsi, " imbuhnya.

Menurutnya, terdapat korelasi yang signifikan antara sumber air minum rumah tangga dengan terjadinya stunting pada bayi usia 12-23 bulan.

"Sumber air yang digunakan untuk minum memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan dan menghindarkan dari penyakit, meskipun dampaknya bersifat tidak langsung," Terangnya.

Yogi menegaskan bahwa komitmen Perumda Tirta Anom di hari jadi yang ke 20 tahun dibuktikan dengan memasang tagline 'Twenty With Intergrity' atau 'Dua Puluh Tahun dengan Integritas', salah satunya ikut membantu mencegah stunting.

"Kami juga berencana akan menerapkan program Perumdam Tirta Anom peduli masyarakat dalam mencegah stunting dengan bagi-bagi susu buat bayi, jadi selain mewujudkan air bersih kami juga akan memberikan keperluan warga Kota Banjar agar bisa terhindar dari stunting," ungkapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES