Peristiwa Daerah

Ada 80 CCTV Terpasang di Desa Giripurno Batu Ini

Selasa, 02 Juli 2024 - 15:20 | 11.80k
Jumlah CCTV di Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu ini cukup fantastis yakni terpasang 80 CCTV yang tersebar di seluruh desa yang berbatasan dengan Kabupaten Malang ini. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Jumlah CCTV di Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu ini cukup fantastis yakni terpasang 80 CCTV yang tersebar di seluruh desa yang berbatasan dengan Kabupaten Malang ini. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Jumlah CCTV di Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu ini cukup fantastis. Tidak tanggung-tanggung di desa yang berbatasan dengan Kabupaten Malang ini terpasang 80 CCTV yang tersebar di seluruh desa.

Bukan karena desa ini tidak aman atau rawan kriminal, namun pemasangan CCTV disetiap sudut desa ini merupakan bagian dari layanan kepada masyarakat.

Tidak heran, ketika ada pembuang sampah liar membuang sampah di desa ini, dalam sekejap bisa diketahui siapa pembuang sampah liar ini. Keberadaan puluhan CCTV merupakan bagian pembangunan Desa Giripurno menjadi Desa Digital.

"Pembangunan Desa Digital ini sudah kita laksanakan sejak tahun 2017. Lewat desa digital ini semua pelayanan surat menyurat dilaksanakan secara digital. Semua urusan administrasi pelayanan desa dilakukan secara digital," ujar Kades Giripurno, Suntoro.

Keabsahan surat menyurat pun dilakukan menggunakan tanda tangan digital. "Surat-surat dari 3 Kasi dan 3 Kaur semuanya dilakukan secara digital dan tidak bisa dicetak kecuali ada tanda tangan Sekretaris atau Kepala desa," ujarnya.

Lebih menarik lagi semua pengurusan surat ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. 

Sekretaris Desa Giripurno, Munir Andriono menuturkan bahwa seluruh pelayanan administrasi bisa dilakukan secara digital kecuali pelayanan waris karena membutuhkan validasi secara manual.

"Semua pelayanan bisa dilakukan kecuali waris," ujar Munir.

Program digitalisasi ini selaras dengan program yang dijalankan Kecamatan Bumiaji melalui program E Desa dan E Kecamatan. Sehingga melalui pelayanan digital ini, warga tidak perlu lagi datang ke kantor Kecamatan Bumiaji. Cukup mendapatkan pelayanan di desa dan meneruskan ke OPD di Pemkot Batu yang dituju.

Memperkuat pelayanan digitalisasi, Desa Giripurno ini juga aktif memperkuat medsos, website, PPID hingga TV Desa.

Tak heran desa ini pun menjadi jujugan studi tiru daerah lain. Seperti beberapa waktu lalu, seluruh anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) se-Kecamatan Asembagus, Situbondo, belajar ke Desa Digital Giripurno, Kecamatan Bumiaji. 

Mereka belajar bagaimana menggunakan teknologi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang partisipatif.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Asembagus, Heri Supardi mengatakan bahwa kedatangan mereka ke Desa Giripurno Batu untuk menimba ilmu agar ke depan BPD sebagai mitra Kades bisa membuat perencanaan melaksanakan pembangunan yang partisipasif dengan menggunakan teknologi digital. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES