Peristiwa Daerah

Puluhan Website Milik Pemkab Banjarnegara Tidak Dapat Diakses, Ini Penyebabnya

Rabu, 03 Juli 2024 - 20:57 | 9.56k
Sekretaris Dinas (Sekdin) Kominfo Banjarnegara Heri Setyobudi. (Foto: Muchlas Hamidi/TIMES Indonesia)
Sekretaris Dinas (Sekdin) Kominfo Banjarnegara Heri Setyobudi. (Foto: Muchlas Hamidi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Diduga terkena imbas serangan hacker pada Pusat Data Nasional (PDN) beberapa waktu lalu, sejumlah website resmi milik Pemkab Banjarnegara Jawa Tengah tidak dapat diakses. 

Hal ini tentu menimbulkan tanya masyarakat Banjarnegara. Dari hasil konfirmasi Dinas Kominfo yang mengelola Website ini menyebutkan, bahwa kejadian ini merupakan dampak dari serangan hacker yang terjadi pada Pusat Data Nasional (PDN).

"DNS yang kami miliki ditanam di PDN, jadi imbas dari peretasan tersebut mengakibatkan 23 Website OPD yang ada di Pemkab Banjarnegara sampai saat ini belum dapat diakses," jelas Plt Sekretaris Dinas (Sekdin) Kominfo Banjarnegara Heri Setyobudi, Rabu (3/7/2024).

Kominfo-Banjarnegara-2.jpg

Hingga kini, lanjut Heri pihak Dinkominfo Banjarnegara sudah melakukan berbagai upaya untuk memulihkan website resmi milik Pemkab Banjarnegara sehingga kembali dapat diakses.

"Sebelumnya, Website di Banjarnegara sering diserang Judi Online. Sehingga kita segara memasukan ke PDN untuk meningkatkan keamanan," jelasnya.

Namun demikian, lanjut Heri, setelah itu, PDN malah terkena serangan hacker. Imbas dari itu website Pemkab Banjarnegara tidak dapat dibuka. 

"Kini kita masih melakukan upaya perbaikan dan saat ini sedang dalam proses recovery pengembalian kembali," Heri Setyobudi menjelaskan.

Heri juga menjelaskan jika imbas dari serangan hacker tersebut tidak fatal karena hanya menyerang Namesevers (domain) saja, sedang untuk data semuanya aman.

"Jadi sebelum DNS kami masukan ke PDN, kami sudah melakukan Backup terlebih dahulu. Sehingga untuk data, amanlah" tegas Heri Setyobudi, Plt Sekretaris Dinas (Sekdin) Kominfo Banjarnegara (*)
 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES