Peristiwa Daerah

Nikah Bareng Sakinah: Prosesi Nikah Massal di Sleman Penuh Keceriaan

Kamis, 04 Juli 2024 - 19:19 | 13.35k
Sepuluh pasangan pengantin peserta nikah massal diarak menggunakan andong menuju lokasi resepsi, pada Kamis (4/7/2024). (Foto. Dok. Prokopim Sleman)
Sepuluh pasangan pengantin peserta nikah massal diarak menggunakan andong menuju lokasi resepsi, pada Kamis (4/7/2024). (Foto. Dok. Prokopim Sleman)

TIMESINDONESIA, SLEMAN – Sebanyak 10 pasangan pengantin mengikuti prosesi nikah massal yang diselenggarakan oleh Majelis Taklim Al Fatimah Yogyakarta bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sleman,  pada Kamis (4/7/2024). 

Prosesi nikah massal berlangsung di dua lokasi, yaitu Masjid Suciati Sleman sebagai lokasi akad nikah dan Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman sebagai lokasi resepsi nikah massal. 

Prosesi ijab qabul dipimpin Kepala KUA Sleman Muhammad Aris. Usai prosesi ijab qabul, 10 pengantin menuju Pendopo Rumah Dinas Bupati mengendarai andong untuk melaksanakan resepsi nikah massal. 

Ketua Majelis Taklim Al Fatimah Yogyakarta Inung Marwoso menuturkan bahwa penyelenggaraan nikah massal ini merupakan rangkaian Milad ke-7 Majelis Taklim Al Fatimah Yogyakarta. 

"Nikah massal yang bertajuk Nikah Bareng Sakinah ini bertujuan untuk membantu pasangan yang kurang mampu agar dapat melaksanakan pernikahan secara sah yang diakui oleh agama dan negara," jelasnya. 

Lebih lanjut, Inung menyampaikan bahwa dalam pelaksanaannya, pihaknya bekerja sama dengan Pemkab Sleman dan Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia DPC Kabupaten Sleman serta didukung oleh Fortais Indonesia Yogyakarta, Kementerian Agama Kabupaten Sleman, masjid Suciati dan DPC Harpi Sleman. 

Sedangkan fasilitas yang diterima oleh pasangan nikah massal ini terdiri dari biaya nikah, mahar, cincin kawin, hadiah, rias dan busana tradisi serta muslim modern. 

Selain itu, dalam prosesi resepsi nikah, seluruh pasangan nikah massal ini juga menerima tali asih dan cinderamata dari Bupati Sleman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES