Peristiwa Daerah

Diserahkan Menteri AHY, Kawasan Sunan Giri Gresik Akhirnya Punya Sertifikat Tanah

Jumat, 05 Juli 2024 - 14:34 | 12.54k
Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat memberikan sambutan usai penyerahan sertifikat tanah di Kawasan Sunan Giri Gresik. (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)
Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat memberikan sambutan usai penyerahan sertifikat tanah di Kawasan Sunan Giri Gresik. (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIKMenteri Agraria dan Tata Ruang, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan sertifikat tanah kawasan Sunan Giri di Kabupaten Gresik Jawa Timur.

Total ada empat sertifikat wakaf yang diserahkan yakni milik Yayasan Makam Sunan Giri, Masjid Ainul Yaqin, Ponpes Daarul Islam dan Mushola Baitul Rohma.

Menteri AHY mengatakan, sertifikat tanah merupakan bukti kepemilikan hak atas tanah atau bangunan yang diakui dalam hukum.

"Alhamdulillah, terbitnya sertifikat ini bisa makin tenang, untuk beribadah di masjid ini," katanya, Jumat (5/7/2024).

Menteri AHY bersyukur, pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN bisa menyelesaikan sertifikat tanah wakaf rumah ibadah ini.

Apalagi kata dia, masjid peninggalan Ainul Yakin ini telah ada sejak 1.500 Masehi dan menjadi saksi perjuangan penyebaran agama Islam di tanah Jawa.

"Atas nama pemerintah, saya sangat bersyukur sertifikat ini bisa diserahkan. Mohon disimpan dan dipergunakan sebagaimana mestinya," ungkapnya.

Dia menambahkan, pemberian sertifikat tanah kepada tempat ibadah umat beragama adalah komitmen Presiden Joko Widodo dalam memberikan hak dan kepastian hukum.

"Sertifikasi tanah wakaf ini diprioritaskan dan tidak ada biaya apapun," tutup Menteri AHY usai menyerahkan sertifikat tanah kawasan Sunan Giri Gresik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES