Peristiwa Daerah

Pemkab Bantul Sabet Tiga Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar 2024 Kemendikbud Ristek RI

Minggu, 07 Juli 2024 - 13:23 | 11.24k
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih saat menerima penghargaan Anugerah Merdeka Belajar 2024 di JCC. (foto: Diskominfo Bantul)
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih saat menerima penghargaan Anugerah Merdeka Belajar 2024 di JCC. (foto: Diskominfo Bantul)

TIMESINDONESIA, BANTULPemkab Bantul menyabet tiga gelar Anugerah Merdeka Belajar (AMB) 2024 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Mendikbudristek, Nadiem Makarim, dan diterima Bupati Bantul Abdul Halim Muslih di Jakarta Convention Center pada Jumat (5/7/2024).

Adapun tiga penghargaan tersebut yakni AMB kategori Pengelola Progam Indonesia Pintar (PIP),  Transformasi Anggaran Pendidikan dan kategori Utama Kelompok Pemda Transformatif. 

Indikator utama penilaian dalam ajang AMB  tersebut yaitu menyangkut pemenuhan alokasi penganggaran didalam APBD murni dan alokasi pemenuhan Surat Pelayanan Minimal (SPM) di bidang Pendidikan.

Dalam sambutannya,  Nadiem Makarim mengucapkan selamat kepada Kepala Daerah yang memperoleh penghargaan Anugrah Merdeka Belajar.

Ia menyampaikan bahwa karakteristik Sekolah Merdeka Belajar yakni, pembelajaran berpusat pada peserta didik, sekolah yang memiliki iklim inklusif, aman, kebhinekaan, dan guru yang gemar belajar serta berkolaborasi. 

"Di samping itu, kepala sekolah yang mengedepankan perkembangan satuan pendidikan yang berkelanjutan," terang Nadiem Makarim. 

Sementara itu, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengungkapkan anugerah ini menunjukkan adanya kolaborasi dan sinergi yang efektif antara guru, orang tua, wakil rakyat, dan masyarakat.

"Ini akan terus kita lanjutkan, bagaimana kualitas pendidikan di Kabupaten Bantul ini, bisa terus kota tingkatkan," tandas Bupati Bantul Abdul Halim Muslih. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES