Peristiwa Daerah

Grup Gajah Manggolo Jadi Juara Festival Nasional Reog Ponorogo XXIX

Minggu, 07 Juli 2024 - 14:59 | 23.31k
Grub reog Gajah Manggolo SMAN I Ponorogo menjadi yang terbaik dalam Festival Nasional Reog Ponorogo ke XXIX. (Foto:Prokopim Ponorogo)
Grub reog Gajah Manggolo SMAN I Ponorogo menjadi yang terbaik dalam Festival Nasional Reog Ponorogo ke XXIX. (Foto:Prokopim Ponorogo)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Grup Reog Gajah Manggolo dari SMAN I Ponorogo berhasil menjadi penyaji terbaik dalam Festival Nasional Reog Ponorogo ke XXIX di Panggung Utama alun-alun Ponorogo, Jumat (6/7/2024) malam.

Dengan keberhasilannya menjadi penyaji terbaik dalam Festival Nasional Reog Ponorogo, grup Reog Gajah Manggolo juga memboyong Piala Bergilir Presiden RI.

Prestasi yang diraih grup reog Gajah Manggolo SMAN I Ponorogo ini mengulang keberhasilan mereka pada Festival yang sama pada tahun 2022. Sementara itu, Reyog Brawijaya, yang tahun lalu menduduki posisi puncak, kali ini harus puas berada di posisi kedua.

Grup reog Gajah Manggolo tidak hanya menandai keberhasilan mereka dalam aspek pertunjukan, tetapi juga sebagai bukti konsistensi dan dedikasi dalam melestarikan serta mengembangkan seni asli milik masyarakat Ponorogo ini.

Meski namanya sempat hilang dari klasemen Festival Nasional Reog Ponorogo pada tahun 2023, Grup Reog Gajah Manggolo ini tampil luar biasa dan memenangkan Piala Presiden dalam Festival Nasional Reog Ponorogo XXIX Grebeg Suro 2024.

Mereka menyisihkan 36 pesaingnya dari seluruh Indonesia. Sebelumnya, mereka juga berhasil menjadi juara pertama dan memenangkan Piala FNRP XVII pada tahun 2022.

Sementara juara bertahan grup reog Brawijaya dari Universitas Brawijaya Malang tahun ini menempati posisi Juara kedua.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko baru saja menyerahkan Piala Bergilir Presiden RI kepada juara pertama Festival Nasional Reog Ponorogo, grup reog Gajah Manggolo menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja kerasnya dengan penuh integritas tinggi.

"Sehingga penampilan di Festival Nasional Reog Ponorogo tahun ini berhasil menjadi yang terbaik," ucap Bupati Sugiri Sancoko.

Ia juga mengakui persaingan pada Festival Nasional Reog Ponorogo tahun 2024 cukup ketat. "Dari penggarap Festival Reog Nasional Ponorogo tahun ini menunjukkan kemajuan yang luar biasa. Semuanya hebat dan keren," kata Bupati Sugiri Sancoko.

Sementara Ketua dewan juri Festival Nasional Reog Ponorogo Sukatno, kepada TIMES Indonesia mengatakan, 37 pemain yang tampil di Festival Nasional Reog Ponorogo tampil sangat luar biasa. "Garapan mereka jauh lebih baik dibanding pada Festival tahun lalu," ungkapnya.

Sukatno pun mengapresiasi, hasil yang diumumkan menjelang penutupan Festival Nasional Reog Ponorogo.

"Merupakan hasil yang nyata, ketika grup yang tampil di atas panggung itulah yang kami nilai. Jadi kami berlima sepakat memberikan gelar penyaji terbaik Festival Nasional Reog tahun ini kepada grup reog Gajah Manggolo." Ponorogo," jelasnya.

10 Penampil Terbaik Festival Nasional Reog Ponorogo 2024.

  1. Gajah Manggala (SMAN 1 Ponorogo)
  2. Reyog Brawijaya (Universitas Brawijaya)
  3. Reog Kencana Dewi (Hotel Kencana Dewi)
  4. Reog Taruno Suryo (SMA 1 Muhammadiyah Ponorogo)
  5. Singo Reog Patripurogo (Paguyuban TNI Polri & Putu Warok Ponorogo
  6. Reog Jakarta Bantarangin (KRP. Jakarta)
  7. Reog Manggala Wiyata (SMAN 3 Ponorogo)
  8. Reog Manggolo Mudho (Pawargo Yogyakarta)
  9. Reog Sardulo Djojo (Kota Malang)
  10. Reog Niken Gandini (SMKN 1 Jenangan) (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES