Peristiwa Daerah

Tim Apatte UB Borong 2 Juara Dalam Shell Eco-Marathon 2024

Senin, 08 Juli 2024 - 15:26 | 13.19k
Delegasi UB yang tergabung dalam tim Apatte Elang Energi yang berhasil membawa pulang 2 Juara Dalam Shell Eco Marathon 2024. (FOTO: Istimewa)
Delegasi UB yang tergabung dalam tim Apatte Elang Energi yang berhasil membawa pulang 2 Juara Dalam Shell Eco Marathon 2024. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Delegasi Universitas Brawijaya yang tergabung dalam tim Apatte Elang Energi berhasil menorehkan prestasi gemilang dalam ajang Shell Eco Marathon 2024.

Mereka berhasil berhasil memborong dua juara pada kompetisi yang berlangsung di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok itu yakni juara 1 Prototype Hydrogen dengan mobil Anagata FCV dan juara 2 Urban Listrik dengan mobil Marserla EV

Shell Eco-Marathon sendiri merupakan kompetisi yang digelar oleh Shell Global, dimana mahasiswa di seluruh dunia ditantang untuk mendesain kendaraan hemat energi. Bersaing dengan 80 tim dari 12 negara di kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah.

Apatte-UB-2.jpg

Tim yang berasal dari Universitas Brawijaya ini sukses mempertahankan juaranya dalam kompetisi ini, yang pada tahun sebelumnya juga berhasil memenangkan piala pada kategori yang sama, yaitu kategori Prototype Kelas Energi Hydrogen Fuel Cell dan kategori Urban Concept Kelas Battery-Electric.

Dalam kompetisi ini, mobil prototype hidrogen Tim Apatte Elang Energi, dengan nama Anagata FCV, berhasil meraih jarak tempuh terbaik 521 kilometer per meter kubik. Pencapaian ini menaklukan Tim Bumi Siliwangi dari Universitas Pendidikan Indonesia yang mencapai 502 kilometer per meter kubik dan Tim BITEPC dari Beijing Institute of Technology dengan jarak tempuh 298 kilometer per meter kubik.

Selain kategori mobil prototipe, mobil urban listrik Tim Apatte Elang Energi, dengan nama Marsela EV, berhasil mencapai jarak tempuh 156 km/kWh dan meraih prestasi juara 2 kategori Urban Concept Kelas Battery-Electric. Keberhasilan ini menunjukkan dedikasi dan kerja keras mahasiswa Tim Apatte Elang Energi dalam meriset dan mengembangkan kendaraan hemat energi.

Prestasi yang berhasil dicapai oleh Tim Apatte Elang Energi tidak lepas dari kerja keras tim, persiapan yang matang, dan dukungan penuh dari universitas, Catur Elang Energi, PT Indo Traktor Utama dan Kalmar, dan pihak lainnya. Dengan pencapaian ini, Tim Apatte Elang Energi berharap dapat memotivasi mahasiswa lainnya dan generasi muda untuk terus berinovasi dan mengeksplorasi teknologi ramah lingkungan.

Sebelumnya, Wakil Rektor 3 UB, Dr. Setiawan Noerdajasakti, S.H., M.H mengatakan, UB akan selalu memberikan support kepada mahasiswa dan dosen yang ingin bertanding dalam sebuah kompetisi. Terlebih di tingkat nasional dan internasional

Apatte-UB-3.jpg

“Keikutsertaan pada SEM 2024 ini merupakan bukti bahwa mahasiswa Indonesia mampu bersaing dengan tim-tim terbaik dari seluruh dunia,” imbuhnya.

General Manager Tim Apatte62 Brawijaya, Jufri Nurraihan menambahkan,  tim telah melalui proses persiapan yang panjang untuk mempersiapkan dua mobil ini.

“Kami sudah melakukan riset yang mendalam, merancang dan membangun mobil, serta melakukan pengujian secara rutin untuk memastikan mobil siap untuk perlombaan,” beber Jufri. Pihaknya pun bersyukur tahun ini UB dapat kembali menorehkan juara dalam Shell Eco Marathon 2024. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES