Peristiwa Daerah

'Cek Khodam' Ala Samsat Majalengka, Tingkatkan Kesadaran Warga Membayar Pajak

Selasa, 09 Juli 2024 - 13:23 | 51.02k
Pegawai Samsat Majalengka menyampaikan jadwal Samsat keliling lewat cek khodam. (FOTO: tangkap layar)
Pegawai Samsat Majalengka menyampaikan jadwal Samsat keliling lewat cek khodam. (FOTO: tangkap layar)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Live streaming hingga aplikasi 'Cek Khodam' viral menjadi perbincangan netizen dalam beberapa hari terakhir. Seolah ikut tren, akun resmi Samsat Majalengka, Jawa Barat turut mengunggah video informasi jadwal pelayanan Samsat Keliling (Samling) ala Cek Khodam.

Akun Instagram dan Tiktok Samsat Majalengka Juara mengunggah video informasi pelayanan Samling di wilayah Kabupaten Majalengka ala live Cek Khodam.

Dalam video tersebut, terlihat pegawai Samsat Majalengka dengan latar belakang khas Cek Khodam, yaitu Nyi Roro Kidul lengkap dengan backsound bernuansa mistis.

Jadwal Samling di Kabupaten Majalengka tersebut menyebutkan, Senin Terminal Maja, Selasa Alun-alun Leuwimunding, Rabu Arista Jatiwangi ya, Kamis Desa Sukahaji, Jumat UD Baribis, Sabtu Yomart Rajagaluh dan Minggu Samsat pagi di GGM ada.

"Buat teman-teman boleh tap-tap layarnya bisa dicek di Samsat Majalengka Juara, untuk layanan Samsat Keliling bisa dilihat di sanah jadwalnya, sekian terimakasih," ucapnya dikutip TIMES Indonesia, pada Rabu (9/7/2024).

Video ini pun mendapat reaksi positif dari netizen karena mengikuti tren dan terasa segar. Apalagi selama ini informasi jadwal layanan Samsat Keliling hanya disampaikan dalam bentuk infografis.

Kepala P3DW Kabupaten Majalengka, Dwi Yudhi Ginanto R mengatakan, konten tersebut sengaja dibuat untuk menarik perhatian masyarakat. Dengan demikian, edukasi sadar pajak dalam konten tersebut diyakini akan lebih mudah tersampaikan kepada masyarakat.

"Memanfaatkan media sosial dengan konten yang sedang viral di masyarakat sebagai media sosialisasi dan ajakan untuk membayar pajak kendaraan khususnya pajak kendaraan bermotor tahunan," ujar Dwi Yudhi Ginanto R.

Ia menjelaskan, konten itu berisi informasi terkait dengan jadwal titik layanan Samsat Majalengka tiap hari dalam seminggu. Samsat Keliling melayani pembayaran pajak tahunan dengan metode mendekatkan layanan ke tempat tempat tertentu.

Seperti diketahui, bahwa istilah khodam yang sedang viral sebenarnya berasal dari bahasa Arab, yaitu khodim, yang berarti 'pembantu'. Namun menurut keyakinan budaya lokal di Tanah Air, khodam merupakan salah satu entitas gaib yang diyakini sebagai penjaga seseorang.

Di Kabupaten Majalengka, kepopuleran konten Cek Khodam itu dimanfaatkan untuk ajang promosi. Termasuk informasi Samsat Keliling atau Samling.

Konten tersebut diduplikat dalam unggahan akun Instagram dan tiktok Samsat Majalengka Juara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES