Peristiwa Daerah

Aksi Donor Darah Marines Peduli, 275 Kantong Darah Terkumpul

Kamis, 11 Juli 2024 - 20:11 | 14.44k
Donor darah diatas Kapal RS. Terapung Kastria Airlangga, warga sekitar Tanjung Perak turut mendonorkan darahnya (FOTO: Hamida/TIMES Indonesia)
Donor darah diatas Kapal RS. Terapung Kastria Airlangga, warga sekitar Tanjung Perak turut mendonorkan darahnya (FOTO: Hamida/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYAMarines Peduli menggelar donor darah di atas Kapal Rumah Sakit Terapung Kastria Airlangga (RSTKA). Dari kegiatan Kamis hari ini terkumpul 275 kantong darah.

Donor darah di atas kapal tentunya membawa sensasi berbeda. Ada 440 calon pendonor ikut berpartisipasi dalam kegiatan Marines Peduli. Aksi sosial ini diadakan PT Pelindo Marine Service di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. 

Direktur Utama PT Pelindo Marine Service, Warsilan, dalam sambutannya menyebutkan bahwa Pelindo Marine berupaya mengemas aksi sosial Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan lebih kreatif dan kolaboratif.

"Upaya kreatifnya dengan menghelat aksi donor darah di atas fasilitas kapal rumah sakit terapung. Ini menjadi pengalaman unik, menggaet banyak calon pendonor darah baru," ujarnya.

Pendonor baru ini diharapkan dari generasi muda dan pekerja mula. Pelindo Marines melibatkan berbagai lintas instansi, perusahaan, universitas hingga komunitas masyarakat serta menggaet partisipasi pegawai Pelindo pada aksi TJSL perusahaan sebagai wujud employee social responsibility (ESR). 

Pada aksi sosial yang kental dengan suasana kolaborasi tersebut, Warsilan bersama Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Surabaya, dr. Martono Adi Trijogo mendampingi langsung Kepala KSOP Utama Tanjung Perak, Agustinus Maun mendonorkan darahnya. 

Donor-darah-2.jpg

Agustinus Maun mengungkapkan semangat aksi donor darah tersebut merupakan bukti nyata sinergi komunitas maritim dalam membangun bangsa dari sisi kemanusiaan.

"Jadi sinergi komunitas maritim bukan hanya pada sisi ekonomi, karena pelayaran laut sebagai tulang punggung logistik negeri. Tetapi juga dalam menciptakan komunitas maritim yang berkontribusi sosial pada pembentukan ekosistem bangsa yang sehat menuju Indonesia Emas 2045,” ungkapnya.

Sementara itu dalam agenda yang sama, Direktur RSTKA dr. Agus Harianto mengapresiasi aksi kolaborasi sosial yang dikoordinir oleh Program TJSL Pelindo Marine tersebut. 

“Sebuah kehormatan besar bagi RSTKA dipercaya oleh Pelindo dan Pelindo Marine untuk yang ketiga kalinya menjadi mitra penyelenggaraan aksi sosial donor darah," tuturnya.

Agus mengatakan kegiatan berbagi karena dipersatukan dengan satu misi yaitu cinta kasih dan kemanusiaan. Dan sekaligus mengenalkan ke masyarakat tentang inisiatif RSTKA akan berlayar untuk misi kemanusiaan. Antara lain demi percepatan Eliminasi TBC 2030 ke pulau-pulau terpencil. Seperti Sapeken, Kangean, Masalembu dan hingga ke gugusan Nusa Tenggara Barat. 

Terselenggaranya aksi sosial ini kolaborasi dengan  pegawai grup usaha BUMN Pelindo di Surabaya, Pelindo Digital Squad, Kantor Kesyahbandaran, Otoritas Pelabuhan (KSOP), PMI Kota Surabaya, Reblood, Blood4lifeID, RS Dr. Soetomo, Universitas Airlangga, dan Institut Sepuluh Nopember Surabaya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES