Finalisasi Gapeka 2025, Ini Jadwal Keberangkatan dari Stasiun Kiaracondong, Garut, dan Banjar
TIMESINDONESIA, BANDUNG – PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (DJKA Kemenhub) terus berkolaborasi untuk meningkatkan layanan perkeretaapian di Indonesia.
Seiring dengan telah selesainya finalisasi Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025, penjualan tiket kereta api untuk perjalanan antarkota pada bulan Februari 2025 sudah dapat dilakukan secara bertahap mulai Selasa, 31 Desember 2024.
Advertisement
Manager Humas Daerah Operasi 2 Bandung, Ayep Hanapi, menjelaskan bahwa perubahan dalam Gapeka 2025 merupakan upaya besar KAI dan DJKA Kemenhub untuk meningkatkan kualitas layanan transportasi kereta api di Indonesia.
Beberapa perbaikan yang dilakukan mencakup peningkatan keselamatan, keandalan prasarana dan sarana, kecepatan perjalanan, serta kapasitas angkut kereta api.
“Dalam aspek keselamatan, jadwal perjalanan kereta api kini semakin optimal dengan jadwal yang lebih terencana dan sesuai dengan update sarana dan prasarana terkini. Keandalan prasarana dan sarana juga ditingkatkan melalui modernisasi infrastruktur rel dan penambahan armada kereta api yang lebih andal,” ungkap Ayep Hanapi.
Perubahan Jadwal Kereta Api di Stasiun Kiaracondong, Garut, dan Banjar
Salah satu perubahan penting yang terjadi seiring dengan penerapan Gapeka 2025 adalah perubahan jadwal keberangkatan kereta api dari beberapa stasiun utama. Berikut adalah jadwal terbaru untuk keberangkatan kereta api dari Stasiun Kiaracondong di Bandung, Stasiun Garut, dan Stasiun Banjar:
Jadwal Keberangkatan dari Stasiun Kiaracondong:
KA 299 Cikuray relasi Kiaracondong - Pasar Senen berangkat pukul 07.54, tiba di Pasar Senen pukul 11.35.
KA 130 Papandayan relasi Kiaracondong - Garut berangkat pukul 10.02, tiba di Garut pukul 11.45.
KA 276 Pasundan relasi Kiaracondong - Surabaya Gubeng berangkat pukul 11.10, tiba di Surabaya Gubeng pukul 00.40.
KA 284 Serayu relasi Kiaracondong - Purwokerto berangkat pukul 13.20, tiba di Purwokerto pukul 20.35.
KA 283 Serayu relasi Kiaracondong - Pasar Senen berangkat pukul 13.22, tiba di Pasar Senen pukul 17.22.
KA 242 Kutojaya Selatan relasi Kiaracondong - Kutoarjo berangkat pukul 20.50, tiba di Kutoarjo pukul 04.05.
KA 300 Cikuray relasi Kiaracondong - Garut berangkat pukul 21.09, tiba di Garut pukul 22.52.
KA 274 Kahuripan relasi Kiaracondong - Blitar berangkat pukul 22.20, tiba di Blitar pukul 12.05.
KA 288 Serayu relasi Kiaracondong - Purwokerto berangkat pukul 23.31, tiba di Purwokerto pukul 06.00.
KA 287 Serayu relasi Kiaracondong - Pasar Senen berangkat pukul 00.14, tiba di Pasar Senen pukul 04.17.
Jadwal Keberangkatan dari Stasiun Garut:
KA 299 Cikuray relasi Garut - Pasar Senen berangkat pukul 06.05, tiba di Pasar Senen pukul 11.35.
KA 129 Papandayan relasi Garut - Gambir berangkat pukul 12.40, tiba di Gambir pukul 18.00.
Jadwal Keberangkatan dari Stasiun Banjar:
KA 127 Pangandaran relasi Banjar - Gambir berangkat pukul 17.00, tiba di Gambir pukul 01.10.
Penjualan Tiket Secara Bertahap
Penjualan tiket kereta api untuk perjalanan antarkota pada bulan Februari 2025 telah dibuka secara bertahap sejak akhir tahun 2024. Penjualan tiket kini bisa dilakukan H-30 sebelum keberangkatan, dengan rencana penyesuaian menjadi H-45 sebelum keberangkatan.
Jika pelanggan belum dapat menemukan jadwal keberangkatan yang diinginkan di platform penjualan tiket seperti Access by KAI atau kai.id, mereka diminta untuk memeriksa secara berkala.
Ayep Hanapi juga mengingatkan bahwa penyesuaian Gapeka 2025 akan dilakukan secara bertahap di seluruh kanal penjualan tiket, dan KAI akan terus menginformasikan perubahan tersebut melalui rilis resmi di berbagai saluran informasi.
KAI berharap inovasi yang diterapkan melalui Gapeka 2025 ini dapat memperbaiki kualitas perjalanan kereta api di Indonesia secara menyeluruh, baik dari segi kenyamanan, keselamatan, maupun ketepatan waktu.
"Dengan kolaborasi bersama DJKA Kemenhub, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan kereta api, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya dalam setiap perjalanan," tutup Ayep Hanapi.
Bagi pelanggan yang memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut, mereka dapat menghubungi Contact Center KAI di telepon 121 atau melalui akun media sosial resmi @KAI121. (*)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Deasy Mayasari |
Publisher | : Rizal Dani |