Peristiwa Daerah

Pastikan Kelancaran Angkutan Lebaran 2025, 1.806 Pegawai KAI Daop 2 Bandung Rela Tak Ambil Cuti

Selasa, 01 April 2025 - 11:36 | 17.13k
Dua pegawai PT. KAI Daop 2 Bandung saat menjalankan tugas PPPKA disalah satu stasiun Daop 2 Bandung, Selasa (1/4/2025) (FOTO:  Daop 2 Bandung)
Dua pegawai PT. KAI Daop 2 Bandung saat menjalankan tugas PPPKA disalah satu stasiun Daop 2 Bandung, Selasa (1/4/2025) (FOTO: Daop 2 Bandung)
Kecil Besar

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Memastikan kelancaran pelayanan kereta api selama masa Angkutan Lebaran 2025, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 (Daop 2) Bandung menegaskan bahwa sebanyak 1.806 pegawai tidak diperkenankan untuk mengambil cuti. 

Langkah ini diambil guna menjamin operasional yang aman, selamat, dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan selama periode mudik dan arus balik Lebaran.

Advertisement

Daop-2-Bandung-B.jpgSeorang petugas saat mengecek lokomotif disalah satu stasiun Daop 2 Bandung, Selasa (1/4/2025) (FOTO:  Daop 2 Bandung)

Executive Vice President KAI Daop 2 Bandung, Dicky Eka Priandana, menyampaikan bahwa seluruh pegawai akan bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing guna memastikan perjalanan kereta api berjalan dengan aman, lancar, dan nyaman bagi seluruh penumpang. 

“Kami berkomitmen penuh dalam menghadirkan pelayanan yang prima selama masa Angkutan Lebaran. Seluruh pegawai KAI Daop 2 Bandung siap melayani pelanggan dengan mengedepankan aspek keamanan, keselamatan, ketepatan waktu, serta kenyamanan di dalam perjalanan,” ujar Dicky dalan siaran pers yang disampaikan, Selasa (1/4/2025) 

Selain itu, KAI Daop 2 Bandung melakukan berbagai persiapan sebelum perjalanan kereta api dimulai. Langkah-langkah yang dilakukan meliputi pembersihan dan pengecekan sarana serta prasarana, peningkatan pengamanan di stasiun dan jalur kereta api, serta koordinasi dengan berbagai pihak terkait guna mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang.

Sejumlah petugas posko juga telah disiapkan di berbagai titik strategis di stasiun. Mereka siap membantu pelanggan sejak tiba di stasiun, mulai dari pengaturan lalu lintas di area parkir, pelayanan informasi di ruang tunggu, hingga memastikan proses keberangkatan menggunakan kereta api berjalan tertib dan lancar.

Terkait informasi Angkutan Lebaran 2025, jumlah pengguna KA selama periode angkutan Lebaran yang berlangsung dari 21 Maret hingga 11 April 2025 terus meningkat. Berdasarkan data pada Senin, 31 Maret 2025, tercatat sebanyak 309.367 pelanggan telah memiliki tiket keberangkatan kereta api dari Daop 2 Bandung. Angka ini mencerminkan tingkat okupansi sebesar 87% dari total 355.696 tempat duduk yang disediakan.

Sejumlah pelanggan tersebut telah memiliki tiket berangkat dari berbagai stasiun di wilayah Daop 2 Bandung, dengan 29 KA yang disediakan untuk keberangkatan dari Daop 2 Bandung. 

Data menunjukkan bahwa hari ini ada 5.642 pelanggan berangkat dari Stasiun Bandung, 5.256 pelanggan berangkat dari Stasiun Kiaracondong, dan 1.245 pelanggan berangkat dari Stasiun Tasikmalaya.

Diharapkan dengan langkah ini, perjalanan masyarakat yang menggunakan transportasi kereta api selama musim mudik dapat berjalan dengan lancar dan memberikan pengalaman yang menyenangkan.

“Kami juga mengimbau kepada para pelanggan untuk selalu mematuhi aturan yang berlaku demi keselamatan serta menjaga ketertiban dan kenyamanan antar penumpang selama dalam perjalanan,” pungkas Dicky.

Informasi lebih lanjut mengenai perjalanan kereta api dapat diakses melalui layanan Contact Center KAI 121 melalui telepon 121/(021) 121, WhatsApp 0811-1211-1121, email [email protected], atau media sosial resmi KAI.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES