Dirut PDAM Morotai Pastikan Pandanga Menikmati Air Bersih, Desa Lain Menyusul

TIMESINDONESIA, MOROTAI – Direktur Utama Perusahan Daerah Air Minum Kabupaten Pulau Morotai (PDAM Morotai) Abdul Rauf Tariwi optimistis dapat menuntaskan masalah air bersih di pusat kota Daruba dan sekitarnya, terutama di Desa Pandanga dan Juanga yang sudah bertahun tahun tidak menikmati air bersih.
Langkah cepat yang diambil Dirut PDAM bersama stafnya dalam menyikapi kebutuhan masyarakat terhadap air bersih patut diapresiasi. Karena sebelumnya, masyarakat desa Pandanga untuk mendapatkan air bersih harus membelinya.
Advertisement
"Masalah air bersih di desa Pandanga yang sudah bertahun tahun tidak dinikmati, karena tidak mengalir, hari ini saya turun langsung bersama staf membenahi jaringan pipa yang tersumbat, alhamdulilah airnya telah mengalir dan masyarakat sudah bisa menikmatinya," ungkap Dirut PDAM Morotai , Rabu (30/4/2025).
Menurut Dirut PDAM Morotai, untuk Desa Pandanga nyaris 100 persen masalah air bersih telah tuntas diselesaikan, bahkan tersisa sekitar 11 rumah yang belum dialiri air bersih.
Ia berjanji sisanya ini, akan segera diselesaikan pada Kamis (30/4/2025) besok. Bila ini teratasi maka Desa Pandanga dinyatakan 100 persen selesai.
"Saya sangat serius menangani masalah air bersih ketika Bupati beri kepercayaan ini kepada saya. Untuk itu, setiap perbaikan jaringan, saya turun langsung bersama staf demi memastikan pelayanan air bersih benar benar tuntas. Allhamdulilah, Desa Pandanga hari ini terselesaikan, tinggal 11 rumah kita lanjut besok," jelasnya.
Mantan Kepala Desa Daruba ini menegaskan, bila Desa Pandanga sudah teratasi secara keseluruhan serta dipastikan stabil pelayanannya, maka langkah selanjutnya penyelesaian masalah air bersih di Desa Juanga. Jika ini selesai, pelayanan air bersih ini benar benar dinikmati masyarakat Morotai secara merata.
"Jadi, kami selesaikan masalah air bersih ini secara bertahap, karena masalahnya sudah sangat komplit. Untuk itu, mohon pengertian masyarakat, tetap bersabar, semua ini bakal teratasi. Apalagi saya baru satu bulan bertugas, namun sangat serius menanganinya, jadi mohon support dari semua pihak," pungkasnya.
Sementara, masyarakat Desa Pandanga saat berbincang-bincang langsung dengan Dirut PDAM Morotai Abdul Rauf Tariwi, mereka sangat bersyukur dan menyampaikan ucapan terima kasih karena sudah bertahun-tahun tidak menikmati air bersih dari PDAM, namun hari ini semua kebutuhan itu sudah terpenuhi.
"Sebagai masyarakat Desa Pandanga, saya sampaikan terima kasih kepada Direktur PDAM dan Pemerintah Daerah yang merespon sangat cepat keluhan kami terhadap kebutuhan air bersih. Sebelumnya, sudah tiga tahun lebih, air PDAM di rumah saya tidak mengalir, tetapi hari ini sudah mengalir. Demikian juga masyarakat Pandanga yang lainnya, semoga bisa mengalir normal selamanya," harap salah satu masyarakat Desa Pandanga. (*)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Hendarmono Al Sidarto |
Publisher | : Satria Bagus |