Peristiwa Internasional

Dubes RI untuk Amerika Serikat Serahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Donald Trump

Sabtu, 19 September 2020 - 13:14 | 58.29k
Penyerahan Surat-surat Kepercayaan dari Dubes RI untuk AS, Muhammad Lutfi kepada Presiden Donald Trump, Kamis (17/9). (Foto: Joyce N. Bighosian/White House)
Penyerahan Surat-surat Kepercayaan dari Dubes RI untuk AS, Muhammad Lutfi kepada Presiden Donald Trump, Kamis (17/9). (Foto: Joyce N. Bighosian/White House)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Berselang tiga hari setelah dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Amerika Serikat, Muhammad Lutfi diterima oleh Presiden Donald Trump di Ruang Oval, Gedung Putih, Kamis (17/9/2020) untuk menyerahkan Surat-surat Kepercayaan dari Presiden RI.

Penyerahan surat-surat ini menandai dimulainya secara resmi tugas Dubes Muhammad Lutfi sebagai Dubes RI untuk AS, menggantikan pejabat sebelumnya, Mahendra Siregar, yang telah ditunjuk sebagai Wakil Menteri Luar Negeri RI sejak Oktober 2019 lalu.

Didampingi isterinya, Bianca Adinegoro Lutfi, Lutfi mengikuti rangkaian kegiatan penyerahan Surat-surat Kepercayaan, diawali dari Kementerian Luar Negeri AS menuju ke Gedung Putih, menggunakan kendaraan khusus yang disediakan oleh Pemerintah AS.

Pada saat menyerahkan Surat-surat Kepercayaan tersebut, Lutfi menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia kepada Presiden Donald Trump dan rakyat Amerika. Salam hangat tersebut disambut baik oleh Presiden Trump, yang mengatakan bahwa Indonesia merupakan mitra kunci bagi AS dan menyampaikan salam hangatnya kembali kepada Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia.

Lutfi juga menggarisbawahi hubungan baik kedua negara yang telah berlangsung lama dan berkontribusi terhadap penguatan berbagai kerja sama bilateral dan kemitraan Indonesia-AS selama ini, khususnya di masa pandemi Covid-19. Lutfi juga menyampaikan apresiasi Indonesia atas dukungan AS dalam rangka penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia dan komitmen AS mendukung pembangunan infrastruktur di tanah air.

“Sebagai Duta Besar Indonesia untuk AS, saya berkomitmen untuk memajukan kerja sama Indonesia-AS dalam menanggulangi pandemi Covid-19 dan mempercepat pemulihan ekonomi di masa-masa sulit ini. Saya juga siap berkolaborasi dengan mitra kerja dari berbagai kalangan di AS untuk terus memperkuat hubungan ekonomi, maritim, pertahanan dan keamanan, serta people-to-people contact,” sambung Lutfi dalam unggahannya di Instagram KBRI Washington DC.

“Tujuan strategis saya adalah mendorong hubungan bilateral RI-AS ke tingkat yang lebih tinggi, utamanya mempromosikan kerja sama perdagangan dan investasi dua arah yang lebih kuat antara Indonesia dan AS dengan lebih jauh mengeksplorasi potensi yang masih sangat terbuka lebar,” pungkas Duta Besar yang juga alumnus Purdue University, Indiana, AS ini.

Acara penyerahan Surat Kepercayaan tersebut diakhiri dengan foto bersama antara Presiden Donald Trump dengan Duta Besar Muhammad Lutfi dan istrinya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES