Peristiwa Internasional

Mengenal Itaewon Lokasi Tragedi Halloween, Ngumpulnya para Expatriat 

Minggu, 30 Oktober 2022 - 10:00 | 41.02k
Salah satu sudut Itaewon, Seoul, Korea Selatan, Sumber: tourkekorea
Salah satu sudut Itaewon, Seoul, Korea Selatan, Sumber: tourkekorea

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tragedi Itaewon menjadi sorotan dunia karena pesta Halloween yang menelan korban jiwa. Kabar terkini yang diterima TIMES Indonesia, korban jiwa mencapai 151 orang. 

Karena tragedi tersebut, Presiden Korea Selatan Yoon Seok yeol mengumumkan hari berkabung nasional dan mengibarkan bendera setengah tiang. 

"Mulai hari ini hingga peristiwa dapat dikendalikan, pemerintah akan menetapkan periode masa berkabung nasional dan menempatkan prioritas utama dalam urusan administrasi, pemulihan, dan tindak lanjut," kata Presiden Yoon di Istana Kepresidenan Korlsem seperti dikutip dari Yonhap, Minggu (30/10/2022).

Ia juga memerintahkan pada pihak berwenang setempat untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut atas tragedi tersebut.

Itaewon memang menjadi lokasi untuk merayakan Halloween, tradisi yang diadopsi dari Barat. Tradisi tersebut dilakukan di Itaewon karena daerah tersebut banyak dihuni oleh orang luar negeri atau expatriat. 

Dulu Itaewon merupakan pusat tempat tinggal para tentara Amerika. Nggak heran jika sampai saat ini Itaewon jadi tempat terfavorit warga expatriat. 

Namun faktanya Itaewon tak hanya dihuni oleh expatriat dari Barat saja, namun juga negara lainnya dari Timur Tengah hingga Afrika. 

Karena dihuni oleh warga dari berbagai belahan dunia, Itaewon memliki toleransi yang tinggi. Bahkan Pemerintah Korea Selatan membuka wisata halal di Itaewon. Di sana banyak kuliner halal dan masjid. Bisa dibilang Itaewon merupakan surganya para turis asing dari berbagai kalangan dan golongan. 

Pernah menonton drama Korea Itaewon Class? Drama yang dibintangi Park Seo Joon itu tersebut menceritakan perjuangan Park Se Roy membangun usaha restoran. Dengan modal yang minim, ia mengumpulkan kawan-kawannya dan menyewa sebuah bangunan yang berlokasi di dalam gang sempit. Nah tak jauh berbeda, dengan drama, Itaewon memang banyak restoran, cafe dan bar yang terletak di gang-gang sempit.   

Dalam drama itu juga diceritakan pemeran utama bertemu kawan lamanya saat pesta Halloween. Mereka berdandan seram khas Halloween. Jalanan Itaewon dalam drama Itaewon Class juga digambarkan sangat ramai, semua orang turunke jalan untuk merayakan Halloween.   

Tragedi Itaewon terjadi saat pesta Halloween pada Sabtu (29/10/2022) malam. Dari penyelidikan awal menyebutkan tragedi yang menweaskan 151 orang itu disebabkan karena berdesakan. 

Tak dipungkiri, banyak orang yang ikut pesta Halloween setelah tiga tahun tak diperbolehkan karena pandemi Covid. 

Tragedi Itaewon ini merupakan tragedi paling mengerikan sejak 2014. Tahun 2014 lalu ada tragedi tenggelamnya kapal feri dengan 304 korban jiwa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES