Peristiwa Internasional

Dua Pesawat Bertabrakan di Udara Dallas Airshow

Minggu, 13 November 2022 - 15:41 | 20.52k
Bola api tercipta saat dua pesawat terhempas ke tanah setelah  bertabrakan di udara dalam Dallas Airshow. (FOTO: The Sun/AP)
Bola api tercipta saat dua pesawat terhempas ke tanah setelah  bertabrakan di udara dalam Dallas Airshow. (FOTO: The Sun/AP)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dua pesawat terbang bertabrakan di udara, Sabtu sekitar pukul 11.30 dalam atraksi Dallas Airshow di luar bandara Eksekutif Dallas, Amerika Serikat.

Pertunjukan udara itu bertema Perang Dunia II untuk umum yang disebut Wings Over Dallas. Dikhawatirkan enam orang tewas dalam insiden yang mengerikan itu. Momen itu tentu saja menimbulkan ketakutan para penonton yang menyaksikannya.

Dilansir The Sun, setidaknya dua orang tewas seketika setelah dua pesawat itu bertabrakan di udara. Kemudian kedua pesawat terhempas ke tanah dan menimbulkan suara ledakan dan bola api di akhir pekan Hari Veteran itu.

Para pilot waktu itu menerbangkan pesawat dengan meniru pesawat yang diterbangkan selama Perang Dunia II.

Menurut FAA, pesawat itu adalah Boeing B-17 Flying Fortress dan Bell P-63. Saat B-17 menuju ke bandara, P-63 yang lebih kecil tampaknya muncul entah dari mana dan memotong bagian belakang pesawat yang lebih besar. Hal ini menyebabkan keduanya terhempas ke tanah dan menimbulkan suara ledakan dan kebakaran hebat.

Beberapa orang yang hadir merekam momen mengejutkan tersebut dengan keterkejutan mereka terdengar saat pesawat jatuh.

Belum ada laporan korban cedera lainnya. Namun seperti dilansir NBC News, Walikota Dallas Eric Johnson mengatakan, puing-puing badan pesawat yang bertabrakan itu berserakan di lapangan Bandara Eksekutif, Jalan Raya 67 dan mal terdekat.

CEO Commemorative Air Force, Henry 'Hank' Coates, organisasi di balik pertunjukan itu mengatakan, kemungkinan ada enam orang di dua pesawat itu.

"Boeing 17 biasanya memiliki empat atau lima awak, dan Kingcobra hanya akan memuat seorang pilot," kata Coates pada konferensi pers Sabtu malam.

Penumpang dalam pesawat Boeing 17 tidak ada yang dikenai biaya. Kedua pesawat merupakan bagian dari armada organisasi nirlaba yang terdiri dari 180 pesawat yang digunakan dalam pertunjukan udaranya sendiri dan dari kelompok lain untuk mendemonstrasikan bagaimana pesawat digunakan dalam Perang Dunia II.

"Ini adalah pertunjukan udara jenis demonstrasi penerbangan Perang Dunia II. Ini sangat patriotik," kata Coates. 

Beberapa orang yang hadir merekam momen mengejutkan tersebut saat pesawat jatuh. Bola api membumbung ke udara dan sirene terdengar.

Dari video yang dibagikan di media sosial, pesawat yang lebih besar itu terbelah menjadi dua karena benturan, dan jatuhnya dekat dengan kerumunan orang yang menonton dari pinggiran bandara.

"Ini seperti ketika anda melihat ke atas, anda melihat pesawat besar dan kemudian anda melihat salah satu pesawat kecil terpisah dari ketiganya dan segera setelah pesawat itu terpisah, mereka seperti bertabrakan satu sama lain dan pesawat kecil itu membelah yang besar menjadi dua. Sejujurnya saya tidak percaya kami menyaksikan itu, kami terpaku di sini di bawahnya," kata seorang saksi mata, Morgan Curry kepada NBC.

Commemorative Air Force mengkonfirmasi bahwa kedua pesawat itu berasal dari daerah Houston.

“Sore ini, dua pesawat terlibat dalam tabrakan di udara di Bandara Eksekutif Dallas. Pesawat itu adalah B-17 Flying Fortress dan P-63 Kingcobra, keduanya dari Houston.

“Saat ini, kami tidak memiliki informasi mengenai status awak pesawat karena petugas tanggap darurat menangani kecelakaan tersebut.

Angkatan Udara sedang bekerja sama dengan otoritas lokal dan FAA, dan NTSB melakukan penyelidikan menyeluruh atas penyebab tabrakan dua pesawat dalam atraksi Dallas Airshow di luar bandara Eksekutif Dallas, Amerika Serikat itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES