Peristiwa Internasional

Indonesia Tuan Rumah ASEAN 2023, Jokowi: Saya Tunggu Kehadiran Yang Mulia

Senin, 14 November 2022 - 10:30 | 16.86k
Indonesia Tuan Rumah ASEAN 2023, Jokowi: Saya Tunggu Kehadiran Yang Mulia
Presiden RI Joko Widodo menerima simbol keketuaan ASEAN 2023 di Kamboja. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Indonesia resmi menjadi tuan rumah dan Ketua ASEAN tahun 2023. Secara simbolis proses Handover Chairmanship dari Kamboja ke Indonesia pada Minggu (13/11/2022), diterima langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Phnom Penh, Kamboja.

Penyerahan palu dari Perdana Menteri Kamboja Hun Sen kepada Jokowi sebagai penanda bahwa Indonesia telah menjadi Ketua ASEAN 2023. Hal ini menurut Jokowi menjadi sebuah kehormatan bagi Indonesia.

“Keketuaan Indonesia akan menjadikan ASEAN Matters: Epicentrum of Growth,” ungkap Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo mengundang seluruh pemimpin ASEAN untuk hadir pada KTT ASEAN di Indonesia di tahun depan.

“Saya tunggu kehadiran Yang Mulia di Indonesia tahun depan,” ucap Jokowi.

Jokowi juga mengatakan bahwa ASEAN harus menjadi kawasan yang stabil dan damai, serta menjadi jangkar stabilitas dunia. Lebih lanjut, ASEAN juga harus konsisten menegakkan hukum internasional dan tidak menjadi proksi siapapun.

“ASEAN harus menjadi kawasan yang bermartabat, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan demokrasi,” jelasnya.

Presiden RI menginginkan ASEAN harus memperkuat diri untuk menjadi kawasan ekonomi yang tumbuh cepat, inklusif, dan berkelanjutan. Di sisi lain, peningkatan kapasitas institusi ASEAN juga menjadi perhatian, agar mampu menjawab tantangan 20 tahun ke depan.

“ASEAN 2045 harus lebih adaptif, responsif, dan berdaya saing. Semua itu harus diperjuangkan dengan cara ASEAN yaitu konsisten dengan semangat kerja sama serta menjalankan Piagam ASEAN seutuhnya,” tegasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES