Peristiwa Internasional

Dihadiri Empat Dubes, Pengurus Baru MP KAHMI Afrika Raya Dikukuhkan

Senin, 14 November 2022 - 19:00 | 21.60k
Dihadiri Empat Dubes, Pengurus Baru MP KAHMI Afrika Raya Dikukuhkan
Proses pengukuhan pengurus baru MPKAHMI Afrika Raya secara daring. (Foto: MP KAHMI Afrika Raya)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Majelis Perwakilan KAHMI Afrika Raya (MP KAHMI Afrika Raya) kini memiliki pengurus baru. Hal tersebut berkenaan dengan berakhirnya masa kepengurusan kabinet sebelumnya. 

Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa (MN KAHMI) melantik MP KAHMI Afrika Raya masa bakti 2022-2025 pada Sabtu (12/22/2022) waktu setempat.

Dalam acara pelantikan tersebut hadir pula Koordinator Presidium MN KAHMI Bapak Ahmad Doli Kurnia, Sekjen MN KAHMI Manimbang Kahariady, dan Ketua Bidang Luar Negeri Bambang Susanto.

Pelantikan yang dilaksanakan secara daring ini dihadiri oleh pengurus MP KAHMI Afrika Raya. Mereka berasal dari lima negara di Afrika yaitu Maroko, Aljazair, Tunisia, Mesir dan Sudan. 

Beberapa pejabat pemerintahan seperti Dubes RI untuk Maroko Hasrul Azwar Hutasuhut dan Dubes RI untuk Tunisia Zuhairi Misrawi juga hadir dalam acara tersebut. Tak ketinggalan Dubes RI untuk Sudan Sunarko dan Dubes RI untuk Kenya, Hery Saripudin. 

Pelantikan mengusung tema "Indonesia - Africa Economic Outlook". Hal ini sejalan dengan kerjasama bidang ekonomi Indonesia dengan beberap negara di benus Afrika tersebut.

KAHMI-2.jpgJalannya proses pengukuhan pengurus baru MPKAHMI Afrika Raya secara daring. (Foto: MP KAHMI Afrika Raya)

Kepala Bidang Luar Negeri MN KAHMI Dr. Bambang Susanto menyatakan dalam pernyataanya di sela pelantikan bahwa MP KAHMI Afrika Raya merupakan embrio untuk terbentuknya MP KAHMI lainya dengan paham yang sama.

"MP KAHMI Afrika Raya adalah embrio untuk terbentuk MP KAHMI disetiap negara akreditasi yang ada di Benua Afrika lainya" Pungkasnya saat menanggapi pertanyaan Dubes RI untuk Maroko Bapak Hasrul Azwar.

Kepengurusan MP KAHMI Afrika Raya yang baru mengukuhkan Khoirul Bakhri Basyarudin sebagai Ketua Umum dan M Rizky Hamzar sebagai Sekretaris Umum.

"Sebagai assabiqunal awwalun, sebagai pengurus perdana MP KAHMI Afrika, kami berharap bisa memberikan sumbangsih dan menfaat yang lebih luas bagi Agama dan Negara" ujar Khoirul yang juga alumni HMI Cabang Ciputat.

Sejalan dengan tema pelantikan, dirinya menerangkan bahwa KAHMI Afrika Raya merupakan salah satu cara KAHMI memperkuat jejaring ekonomi internasional antara Indonesia dengan beberapa negara di benua Afrika.

Hal ini bertujuan memberikan kesempatan Indoensia dengan beberapa negara di benua Afrika tersebut umtuk memanaskan pasar global. Diketahui, pangsa pasar global tengah lesu dan mulai bangkit lagi setelah pandemi berakhir kemarin. 

"KAHMI Afrika Raya adalah wujud daripada proses memperkuat jaringan Indonesia secara global, khususnya dalam bidang ekonomi. Dengan memperhatikan benua Afrika sebagai pasar global yang sangat menarik, meskipun demikian Indonesia sudah tertinggal dengan Cina, dan Turki di Afrika" pungkas Khoirul saat kami hubungi via daring. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

KOPI TIMES