Peristiwa Internasional G20 Indonesia

Menlu Sergei Lavrov Dikabarkan Dilarikan ke RS, Rusia Membantah

Senin, 14 November 2022 - 20:59 | 15.13k
Menlu Rusia Sergei Lavrov (FOTO: Yuri Kadobnov/Pool via REUTERS)
Menlu Rusia Sergei Lavrov (FOTO: Yuri Kadobnov/Pool via REUTERS)
FOKUS

G20 Indonesia

TIMESINDONESIA, BALI – Beredar kabar Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov dilarikan ke rumah sakit di Bali menjelang KTT G20 Indonesia. Namun kabar tersebut dibantah oleh pihak Rusia.

Gubernur Bali I Wayan Koster mengatakan Lavrov dalam kondisi sehat. Menlu Rusia itu mendatangi Rumah Sakit Sanglah di Denpasar untuk memeriksakan keadaannya. 

Advertisement

"Ia dalam kondisi yang sehat, setelah check up, ia langsung pergi," kata Wayan Koster dikutip dari Reuters, Senin (14/11/2022).

Sebelumnya, kabar Menlu Rusia dibawa ke rumah sakit berawal dari siaran Associated Press. AP mengabarkan Lavrov dirawat di rumah sakit karena ada masalah pada jantungnya. 

Namun kabar tersebut dibantah pihak Rusia. Juru Bicara Kemenlu Rusia, Maria Zakharova mengatakan kabar tersebut merupakan berita bohong.

"Ini, tentu saja, adalah puncak pemalsuan," kata Zakharova, dikutip Reuters, Senin (14/11/2022).

Zakharova mengunggah sebuah video yang menunjukkan Menlu Rusia berusia 72 tahun itu sedang duduk di teras. Lavrov mengenakan celana pendek, berkaos, serta membaca dokumen.

Zakharova kemudian menuding media barat kerap memberitakan kebohongan. "Ini bukan hal yang baru dalam politik, wartawan Barat harus lebih jujur," ujarnya.

Menlu Rusia hadir di Bali untuk mengikuti agenda puncak KTT G20 Indonesia. Ia mewakili Presiden Rusia Vladimir Putin yang berhalangan hadir.

Sebanyak 17 kepala negara/kepala pmerintahan anggota G20 dipastikan hadir dalam KTT G20 Bali  pada 15-16 November 2022. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES