Peristiwa Internasional G20 Indonesia

Di Forum B20, Jokowi Pamer Ekonomi Indonesia Tumbuh

Senin, 14 November 2022 - 21:12 | 13.96k
Di Forum B20, Jokowi Pamer Ekonomi Indonesia Tumbuh
Presiden RI Joko Widodo di Forum B20. (FOTO: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
FOKUS

G20 Indonesia

TIMESINDONESIA, BALI – Di hadapan forum bisnis B20 rangkaian G20 Indonesia, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan bahwa kondisi ekonomi Indonesia tumbuh.

Jokowi pernah mengatakan di Januari lalu pada forum B20, bahwa setiap kesulitan dan tantangan pasti ada peluang. Jokowi memimta tidak pesimis.

"10 bulan berselang, pandemi masih ada, ada perang, krisis pangan, krisis energi,  krisis keuangan. Tapi kita patut bersyukur Indonesia di kuartal kedua masih tumbuh 5,44 persen. Di kuartal ketiga kita tumbuh lebih kuat lagi di 5,72 persen," kata Jokowi.

Tak hanya itu, Jokowi juga menyebutkan inflasi bisa dikelola dengan baik. Pada bulan september, inflasi naik 5,9 persen imbas kenaikan harga BBM. Tetapi, lanjut Jokowi, di bulan Oktober inflasi Indonesia sudah bisa turun lagi di angka 5,7 persen.

"Managing Director IMF (Kristalina Georgieva) menyampaikan bahwa Indonesia menjadi salah satu titik terang di tengah kesuraman ekonomi dunia," kata Jokowi disambut tepuk tangan peserta.

Sebab itu, lanjut Jokowi, perlu adanya strategi besar yang secara konsisten terus dijalankan. Pertama hilirisasi dan industriliasi. Bahan mentah yang dimiliki Indonesia sebaiknya disetop untuk mendapat nilai tambah di dalam negeri.

"Baik berkaitan dengan pendapatan,  baik untuk negara, baik penciptaan lapangan kerja, dan sudah kita mulai dengan nikel dalam rangka membangun ekosistem besar baterai listrik untuk mobil listrik," ungkapnya. 

Bicara soal nikel, di hadapan Perdana Menteri Australia (Anthony Albanese) yang hadir saat itu, Jokowi menawarkan litium yang ada di Australia agar dikerjasamakan dengan Indonesia yang memiliki nikel.

"Kalau digabung itu sudah jadi baterai mobil listrik. Tapi saya minta kepada PM untuk litiumnya bisa dibawa ke Indonesia saja. Kita bersama-sama melakukan hilirisasi di Indonesia," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES