Peristiwa Internasional G20 Indonesia

Presiden Jokowi Ajak Negara Konflik Berdamai dengan Dialog

Selasa, 15 November 2022 - 09:50 | 15.65k
Presiden Jokowi Ajak Negara Konflik Berdamai dengan Dialog
Presiden RI Joko Widodo membuka forum KTT G20 Indonesia di Nusa Dua Bali. (Foto: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)
FOKUS

G20 Indonesia

TIMESINDONESIA, BALI – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak negara-negara dunia, terutama anggota G20 untuk menjaga dan mencintai perdamaian. Sebaiknya kata Jokowi negara berkonflik bisa damai dengan berdialog. 

"Sebagai negara demokrasi, Indonesia sangat menyadari pentingnya dialog untuk mempertemukan perbedaan dan semangat yang sama harus ditunjukkan G20," kata Jokowi.  

Hal tersebut disampaikan Jokowi di pidato pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Indonesia di Nusa Dua Bali, Selasa (15/11/2022). 

"Yang mulia, jika perang tidak berhenti akan sulit untuk dunia untuk bergerak maju. Jika perang tidak berakhir sulit bagi kita melaksanakan tanggungjawab ke depan," jelasnya. 

Indonesia kata Jokowi telah menjalankan konsep demokrasi mulai dari tataran tingkat desa dengan pemilihan kepala desa, tingkat daerah dengan pemilihan Wali Kota atau Bupati, wilayah dengan pemilihan Gubernur hingga tingkat negara dengan pemilihan Presiden. 

Indonesia punya 17 ribu pulau, 1.300 suku bangsa serta lebih dari 700 bahasa daerah. Dan demokrasi dinilai berjalan lancar membawa perdamaian dalam perbedaan. 

Jokowi ingin Indonesia menjadi katalis pemulihan ekonomi terutama di kondisi sulit. Sebab itu, langkah nyata menjadi tanggung jawab bersama. 

"Kita tidak hanya bicara tapi langkah nyata. Mari kita perlihatkan kepada dunia bahwa kita bisa bersikap bijak memikul tanggungjawab dan menunjukkan jiwa kepemimpinan," pungkasnya. 

KTT G20 Indonesia berlangsung selama dua hari, Selasa-Rabu (15-16/11/2022) di The Apurva Kempinski, Nusa Dua Bali. Para kepala negara/pemerintahan berkumpul dalam satu forum, termasuk Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

KOPI TIMES