Peristiwa Internasional G20 Indonesia

Zelensky Sebut Dear G19 Leaders, Sindir Presiden Rusia?

Selasa, 15 November 2022 - 15:46 | 9.63k
Zelensky Sebut Dear G19 Leaders, Sindir Presiden Rusia?
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (Foto: the Moscow Times)
FOKUS

G20 Indonesia

TIMESINDONESIA, BALI – Momen KTT G20 Indonesia diwarnai dengan sapaan salam (greeting) Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky yang membuat publik bertanya-tanya.

Zelensky menyebut "yang terhormat pemimpin G19", di hadapan Presiden Joko Widodo, Presiden AS Joe Biden, Presiden China Xi Jinping, dan kepala negara G20 lainnya.

Zelensky hadir secara virtual dan menyampaikan pidato singkatnya, Selasa (15/11/2022). Zelensky menghadiri forum global ini sebagai tamu negara undangan.

Pernyataan Zelensky ini diduga bentuk sindiran kepada Presiden Rusia Vladimir Putin. Putin berhalangan hadir dan mengutus Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov. Presiden Vladimir Putin telah memutuskan untuk tidak menghadiri KTT tahunan ini. Ketidakadilan Putin sepertinya memicu Zelensky berucap G19.

Dikutip dari Politico, Zelensky merespon ancaman gila senjata nuklir Rusia. Kata Zelensky, ancaman serangan nuklir tidak bisa dibenarkan.

"Dan saya berterima kasih kepada Anda, G19, karena telah memperjelas hal ini.”

Ia menyebut bahwa perdamaian adalah nilai global. "Apa yang penting bagi setiap orang di bumi. Pasti juga untuk para pemimpin G-19 masing-masing," ucap Zelensky.

Diketahui, petinggi negara G20 berkumpul di The Apurva Kempinski Bali selama dua hari, Selasa - Rabu, 15-16 November 2022. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

KOPI TIMES