Peristiwa Internasional G20 Indonesia

Hasil KTT G20 Indonesia, Semua Anggota G20 Sepakati Deklarasi Bali

Rabu, 16 November 2022 - 14:23 | 21.13k
Hasil KTT G20 Indonesia, Semua Anggota G20 Sepakati Deklarasi Bali
Presiden RI Jokowi mengumumkan hasil KTT G20 Indonesia yang berlangsung di The Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/2022). (Foto: Tangkapan Layar TI)
FOKUS

G20 Indonesia

TIMESINDONESIA, BALI – Presiden RI Jokowi mengumumkan hasil KTT G20 Indonesia yang berlangsung di The Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali, pada 15-26 November 2022. Jokowi menyampaikan bahwa semua pemimpin negara G20 sepakat dengan G20 Bali Leaders Declaration. 

"Alhamdulillah hari ini kita dapat mengadopsi dan mengesahkan G20 Bali leaders declaration. Ini adalah deklarasi pertama yang dapat diwujudkan sejak Februari 2022," kata Jokowi, Bali, Rabu (16/11/2022).

Presiden RI Jokowi mengatakan bahwa Indonesia telah berupaya memimpin presidensi G20 dalam satu tahun terakhir. Presidensi G20 ini menjadi titik awal pemulihan dunia dari pandemi dan berbagai solusi lain.

hasil-KTT-G20-Indonesia-2.jpg

"Ini merupakan kehormatan untuk Indonesia, memimpin G20 selama satu tahun terakhir. Presidensi ini kami mulai dengan harapan dan niat bersama dalam mewujudkan pemulihan dunia yang inklusif dari pandemi," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Presiden RI Jokowi menyampaikan Indonesia berharap G20 dapat terus menjadi katalis pemulihan ekonomi yang inklusif. Jokowi menilai saat ini G20 berada di situasi yang sangat sulit. 

hasil-KTT-G20-Indonesia-3.jpg

G20 harus terus bekerja agar menghasilkan capaian konkret, mempersiapkan dana untuk menghadapi pandemi mendatang melalui pandemic fund, membantu ruang fiskal negara berpendapatan rendah melalui resilience and sustainability trust, mendorong percepatan pencapaian SDGs.(*)

Berikut pidato lengkap Jokowi mengumumkan hasil KTT G20:

Merupakan suatu kehormatan untuk Indonesia memimpin G20 selama satu tahun terakhir ini. Presidensi kami dimulai dengan harapan niat bersama dalam mewujudkan pemulihan dunia yang inklusif dari pandemi.

Berbagai tantangan baru muncul yang bukan hanya menghambat namun juga dapat mengancam dunia terjerumus krisis yang lebih dalam. Sebagai presidensi G20 Indonesia telah mengupayakan berbagai solusi terbaik selama satu tahun kepemimpinan.

Alhamdulillah hari ini kita dapat mengadopsi dan mengesahkan G20 Bali Leaders Declaration ini adalah deklarasi pertama yang dapat diwujudkan sejak Februari 2022.

Saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya pada semua yang hadir, yang telah memberikan fleksibilitasnya sehingga deklarasi dapat disepakati dan disahkan.

Saya juga ingin menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh working group dan angangement group atas dedikasi, sumbangan, pemikiran dan kontribusinya bagi presidensi G20 indonesia.

Selain deklarasi, presidensi G20 juga menghasilkan konkrit proyek daftar kerja sama negara G20 dan undangan. Proyek kerjasama inilah yang akan membantu membumikan kerja G20 lebih dekat dengan rakyat. Memastikan G20 bermanfaat tidak saja untuk anggotanya namun juga bagi dunia dan utamanya negara-negara berkembang.

Selamat kepada India yang akan melanjutkan kepemimpinan presidensi G20 berikutnya, amanah untuk menjaga dan mewujudkan pemulihan global serta pertumbuhan yang kuat dan inklusif selanjutnya berada di tangan yang mulai Perdana Menteri Narendra Modi.

Saya yakin di bawah kepemimpinan India G20 akan terus bergerak. Sebagai sahabat India, tahun depan Indonesia siap mendukung kesuksesan presidensi G20 indonesia. Saya juga minta semua pimpinan G20 yang hadir untuk mendukung India tahun depan.

Menandai berakhirnya G20 di Indonesia, secara resmi saya menyerahterimakan tampuk kepemimpinan kepada India selaku presidensi G20 berikutnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES