Peristiwa Internasional

4 Kepala Negara Puji Penyelenggaraan KTT G20 Indonesia

Minggu, 20 November 2022 - 11:46 | 35.82k
Presiden RI Jokowi saat membuka KTT G20 Indonesia. (Foto: Media G20 Indonesia)
Presiden RI Jokowi saat membuka KTT G20 Indonesia. (Foto: Media G20 Indonesia)

TIMESINDONESIA, DENPASAR – KTT G20 Indonesia meninggalkan kesan baik bagi para kepala negara yang hadir di Bali, 15-16 November 2022. Para kepala negara memuji keberhasilan Presiden RI Jokowi dalam menggelar KTT G20 Indonesia di tengah kekhawatiran perang yang lebih luas. 

Berikut ini 4 kepala negara yang memberikan apresiasi positif bagi Indonesia dan Presiden RI Jokowi. 

1. Presiden AS Joe Biden
Dalam konferensi pers, Rabu (16/11/2022), Presiden RI Jokowi menyampaikan Presiden AS Jo Biden sebenarnya ingin meninggalkan KTT G20 pada hara pertama karena ada keperluan. Namun, ternyata Joe Biden hadir di pertemuan puncak. Bahkan, menurut Menparekraf RI, Sandiaga Uno yang melepas kepergiannya, Biden mengungkapkan bahwa dirinya ingin tinggal lebih lama di Indonesia karena dia merasa seperti di rumah.

"Meskipun saya hanya mengambil satu tempat untuk berjalan di sepanjang pantai, tetapi saya melihatnya sangat indah, saya ingin tinggal lebih lama, saya merasa di rumah, dan saya tidak ingin pulang," papar Biden seperti dikutip dari Instagram @sandiuno.

2. Presiden China Xi Jinping
Presiden Xi Jinping mengatakan kunjungannya ini bukti hubungan penting antara China dan Indonesia dalam kebijakan luar negeri kedua negara. Presiden RI Jokowi juga merupakan pemimpin negara sahabat pertama yang diterima China sejak pandemi Covid-19.

"Tiga bulan yang lalu, Yang Mulia (Jokowi) berkunjung ke Beijing sebagai pemimpin negara sahabat pertama yang diterima pihak China secara tersendiri sejak pandemi Covid-19 merebak," ucap Xi Jinping.

Xi Jinping juga menyebut bahwa hasil kerja sama strategis antara Indonesia dan China merupakan pencapaian nyata yang memberikan dampak positif bagi kedua negara, regional, maupun global. Menurut Xi, hal tersebut dapat menjadi teladan bagi sesama negara berkembang untuk bersama-sama menjalin kerja sama yang saling menguntungkan.

"Saya ingin mengucapkan selamat datang di Bali, Presiden Xi Jinping," katanya dalam siaran pers yang diterima CNBC Indonesia.

3. Presiden Prancis Emmanuel Macron
Presiden Prancis Emmanuel Macron turut memberikan kesannya soal KTT G20 Bali mengungkapkan pandangannya soal KTT G20 Bali. Menurutnya, Presidensi G20 Indonesia penuh dengan pesan solidaritas, terutama terhadap negara-negara berkembang.

"Ini adalah KTT G20 solidaritas," ujar Macron, dalam keterangan tertulis dari Tim Komunikasi dan Media KTT G20, Kamis (17/11/22).

Macron mengatakan Presidensi G20 Indonesia telah berupaya menghasilkan langkah konkret. Macron juga menyampaikan terima kasih pada presiden RI Jokowi atas kerasnya untuk menyatukan dan menghasilkan capaian yang efisien.  

4. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan turut mengapresiasi Presiden RI Jokowi yang sukses menyelenggarakan KTT G20 Bali. Erdogan berterima kasih atas keramahan semua pihak kepada yang diberikan kepada dirinya dan delegasinya selama di Bali. Ia juga menyampaikan terima kasih pada Indonesia yang memebrikan dukungan semangat bagi Turki pasca terjadinya aksi terorisme di Istanbul, Turki. 

"Saya mengucapkan selamat kepada Indonesia karena berhasil melaksanakan masa jabatan Presidensi G20. Saya menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berusaha, khususnya Bapak Presiden Widodo, atas keramahan tamahan yang mereka tunjukkan kepada saya, pasangan saya dan delegasi Turki selama di sini," ungkap Erdogan dalam konferensi persnya, Rabu (16/11/2022).

Sebagai informasi, Presidensi G20 Indonesia, khususnya KTT G20 Bali merupakan presidensi terbesar sepanjang sejarah. KTT G20 menghasilkan deklarasi dengan 52 poin. Poin-poin tersebut mencakup permasalahan mengenai ketegangan geopolitik global, isu krisis pangan, perubahan iklim, kesehatan global, hingga transformasi digital.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES