Peristiwa Internasional

Istanbul Youth Summit Usung 5 Topik Bahasan, Berikut Daftarnya

Selasa, 27 Desember 2022 - 16:42 | 99.61k
Pembicara-pembicara yang akan turut serta menghadiri Istanbul Youth Summit 2023. (Foto: Istanbul Youth Summit)
Pembicara-pembicara yang akan turut serta menghadiri Istanbul Youth Summit 2023. (Foto: Istanbul Youth Summit)

TIMESINDONESIA, JAKARTAIstanbul Youth Summit (IYS) membawa tema Sustainable Development Goals (SDGs); pembangunan berkelanjutan kali ini. Dengan topik bahasan kali ini diharapkan kegiatan ini mampu membantu memberantas kemiskinan, 
kesenjangan, dan juga perlindungan lingkungan hidup. 

Seminar ini akan diikuti beberapa delegasi dari berbagai belahan dunia. Hal ini juga merupakan aksi global dengan rumusan 17 tujuan. Ke seluruh tujuan menargetkan 169 hal yang harus dicapai setidaknya pada tahun 2030. 

Sebagai informasi Istanbul Youth Summit (IYS) merupakan sebuah platform diskusi bagi para pemuda. Dari diskusi yang akan berlangsung beberapa bulan dari sekarang tersebut diharapkan peserta dapat mencanangkan ide dan memberikan perubahan untuk menjadi bagian dari aktor non-negara atau organisasi yang membantu pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan dan hubungan internasional. 

Istanbul Youth Summit sendiri merupakan bagian acara yang diselenggarakan oleh Yayasan Pemuda Penembus Batas atau Youth Break the Boundaries Foundation (YBB). Yayasan ini bergerak untuk memberikan info studi di luar negeri, kegiatan yang dapat diikuti pemuda Indonesia dalam lingkup internasional, dan juga info beasiswa luar dan dalam negeri. 

YBB juga berperan dalam mendidik karakter kepemimpinan pemuda di Indonesia di lingkup dunia internasional. Istanbul Youth Summit sendiri dicanangkan akan berlangsung pada 6-9 Februari mendatang. IYS  2023 merupakan acara ke-6 setelah beberapa tahun sebelumnya berhasil dilaksanakan.

Kali ini tema utama SDGS mengarah pada bahasan tentang “Social Development Goals for Emerging Leaders” atau “Pembangunan Sosial Berkelanjutan untuk Memupuk Pemimpin Masa Depan”. Kali ini mereka berniat menantang pemuda untuk memberikan kontribusi kepada negara dalam kancah internasional. 

Berikut 5 Topik  Bahasan Utama Istanbul Youth Summit

1. Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan (SDGs 3)
2. Pendidikan Bermutu (SDGs 4)
3. Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi (SDGs 8)
4. Infrastruktur, Industri, dan Innovasi (SDGs 9) 
5. Kota dan Komunitas yang Berkelanjutan (SDGs 11)

Dengan 5 tema tersebut, keseluruhan pendaftar diharapkan mampu mempresentasikan proyek sosial yang sudah mereka tulis sebelumnya. Tentunya kegiatan ini merupakan untuk menumbuhkan kemawasan diri dalam pentingnya pembangunan berkelanjutan negara Indonesia. 

Sebelum terseleksi menjadi delegasi, calon peserta akan terlebih dahulu diminta memberikan essay sesuai tema pilihan mereka. Mereka juga diharapkan mampu menuangkan essay mereka ke dalam actual sosial projek atau proyek sosial nyata yang sebelumnya sudah mereka laksanakan. 

Saat IYS berlangsung delegasi akan dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mencipatakan sebuah proyek sosial yang  baru. Mereka akan didampingi mentor yang sudah berpengalaman dan menjuarai proposal bisnis atau lainnya. 
Pada akhir acara, proyek mereka akan dinilai dan pemanangnya akan diumkan saat penutupan. Beberapa hadiah istimewapun pun sudah diisipakan panitia Istanbul Youth Summit 2023 untuk memberikan semangat kepada para peserta.
 
Pembicara-pembicara handal yang akan memberikan pencerahan mengenai materi yang akan disampaiakn juga akan hadir dalamIstanbul Youth Summit. Sebut saja Bint Sireethorn Leearamwat, Miss International 2019. MAssih banyak pembiacara internasional terkemuka lainnya yang akan hadir dalam acara ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES